Advertorial

Dihajar Kawat Layangan, Listrik Gardu Induk Bengkayang Terputus

Jaringan transmisi di tower nomer 6 dekat Gardu Induk (GI) Singkawang arah Bengkayang kembali dihajar kawat layangan, Kamis (3/8/2017).

Dihajar Kawat Layangan, Listrik Gardu Induk Bengkayang Terputus
TRIBUNFILE/IST

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Jaringan transmisi di tower nomer 6 dekat Gardu Induk (GI) Singkawang arah Bengkayang kembali dihajar kawat layangan, Kamis (3/8/2017).

Peristiwa yang terjadi pada pukul 17.46 WIB diawali dengan suara ledakan yang cukup besar.

Sempat terlihat percikan api pada kabel bertegangan tinggi tersebut lalu pasokan listrik dari GI Bengkayang pun terputus.

Tak ayal, aliran listrik yang terputus sebabkan padam di beberapa kota dan kabupaten.

Baca: Terlalu Jorok, Despacito Diganti Liriknya, Lirik Barunya Bikin Ngakak Habis

Sistem interkoneksi Khatulistiwa yang menghubungkan Kota Pontianak, Kubu Raya, Mempawah, Singkawang, Sambas, dan Bengkayang otomatis terganggu.

Menurut Manajer PLN AP2B Kalbar, Ricky Cahya Andrian, kejadian terganggunya jaringan transmisi pada tower nomer 6 akibat kawat layang-layang ini sering terjadi.

Akibatnya pun cukup fatal karena jaringan transmisi tersebut merupakan jalur utama dalam memperkuat pasokan listrik disistem Khatulistiwa dari arah Bengkayang.

"Sistem interkoneksi yang menghubungkan beberapa kota dan kabupaten dalam penyaluran energi listrik seharusnya aman dari segala bentuk gangguan, terutama kawat layang-layang. Jika terganggu disatu lokasi tentunya akan mengganggu sistem pendistribusian listrik kedaerah lainnya. Saya lihat di daerah Sei Wie dekat GI Singkawang masih banyak warga yang gemar bermain layang-layang bertali kawat. Seharusnya warga lebih peduli untuk tidak bermain layang-layang didekat jaringan listrik, sebab akan sangat mengganggu keamanan pasokan listrik dan merugikan kita semua," ungkap Ricky.

Dikatakannya pula, masalah listrik seharusnya menjadi tanggungjawab kita bersama, mengingat jika padam listrik terjadi secara meluas serta dalam durasi yang lama tentunya akan banyak pihak yang dirugikan terutama warga masyarakat, yang segala aktivitasnya otomatis terganggu karena listrik padam.

Halaman
12
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved