Paket C Bisa Ikut CPNS Kemenkumham, Aswandi: Peserta Jangan Tergiur Janji

Saya imbau dan ingatkan masyarakat agar tidak mudah tertipu jika ada yang menawarkan bisa masuk sebagai PNS, ibaratnya menembak di atas kuda

Paket C Bisa Ikut CPNS Kemenkumham, Aswandi: Peserta Jangan Tergiur Janji
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIDHO PANJI PRADANA
Dr Aswandi. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridho Panji Pradana

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kemenkumham RI membuka CPNS dengan kuota 17.526 orang seluruh Indonesia dan untuk Kalbar mendapat alokasi sebanyak 476, atau S1 sebanyak 108 orang, D3 sebanyak 14 orang dan SLTA Sederajat sebanyak 354 orang.

Bahkan, menurut Kabag Umum Kemenkumham Kalbar, Ismanto untuk tingkat SLTA Sederajat juga membuka peluang bagi peserta yang mempunyai ijazah paket C.

"Bisa (Paket C, Red) yang penting nilai 7, bahkan ada juga pengumuman dari Kemenkumham," katanya, Kamis (03/08/2017).

Untuk memastikan segala perekrutan transparan dan akuntabel, maka dari itu menurutnya semua tes dan pendaftaran dilakukan secara online.

"Tadi juga sudah disampaikan oleh Kakanwil Kemenkumham Kalbar, bahwa pantia tidak berhubungan dengann pelamar secara langsung, dan berkas lamaran tidak dikirim atau diantar kekantor tetapi lewat po box," ujarnya.

Untuk website, kata dia, sejak hari pertama dibuka sampai saat ini sudah ada ratusan ribu pelamar yang sukses melakukan registrasi.

Pengamat Pendidikan Untan, Aswandi mengatakan pada umumnya yang sudah-sudah, soal dalam tes CPNS mengenai hal umum, atau pun pengetahuan umum.

"Namun belakangan, juga sudah berubah, tidak hanya pengetahuan umum, ada sudah bidangnya, UUD, Pancasila dominan dan mengikuti tren sekarang," katanya.

Terlebih untuk pendaftaran sekarang, kata dia, sudah serba online, dan lebih objektif dalam perekrutan, tentu orang tidak akan mudah untuk menggunakan orang dalam atau titipan.

"Saya imbau dan ingatkan masyarakat agar tidak mudah tertipu jika ada yang menawarkan bisa masuk sebagai PNS, ibaratnya menembak di atas kuda. Padahal ketika lolos adalah kemampuan sendiri daripada peserta cpns," tukasnya.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved