Public Service

Syarat untuk Dapat Hak Pensiun Maksimal

Dasar pensiun yang dipakai untuk menentukan besarnya pensiun ialah gaji pokok terakhir sebulan sebelum pegawai yang bersangkutan pensiun.

Syarat untuk Dapat Hak Pensiun Maksimal
ISTIMEWA
Ilustasi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Nicko Ardinata

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Apa saja syarat untuk seorang pegawai agar menerima hak pensiun secara maksimal?
089614713xxx

Besaran Haknya 75 Persen dari Dasar Pensiun
Hak pensiun bagi Pegawai Negeri Sipil sebagaimana diatur di dalam Undang-Undang No. 11 tahun 1969 adalah 75 persen dari dasar pensiun.

Dasar pensiun yang dipakai untuk menentukan besarnya pensiun ialah gaji pokok terakhir sebulan sebelum pegawai yang bersangkutan pensiun.

Adapun masa kerja maksimal adalah 30 tahun. Selanjutnya batasan untuk mendapatkan hak pensiun berdasarkan Undang-Undang 11 th. 1969 ialah 50 tahun usia dan 20 tahun masa kerja apabila yang bersangkutan mengajukan pensiun atas permintaan sendiri (berdasarkan pp no 11 th 2017 batasan untuk pensiun atas permintaan sendiri adalah 45 tahun usia dan 20 tahun masa kerja), kemudian apabila PNS diberhentikan dengan hak pensiun bukan atas permintaan sendiri (misalnya karena ada perampingan) maka batasannya adalah usia 50 tahun dan 10 tahun masa kerja.

Baca: Jelang Persalinan, Tindakan Ini Yang Harus Dilakukan Ibu Hamil

Berikutnya adakah Batas Usia Pensiun (BUP). BUP untuk pegawai yang menduduki jabatan struktural adalah 58 tahun, fungsional, jabatan eselon I/II, dokter adalah 60 tahun, jaksa, panitera 62 tahun, ahli, peneliti, dosen, lektor 65 tahun, jaksa agung, guru besar 70 tahun.

Sumber: Kasi Layanan dan Manfaat PT. Taspen KC Pontianak, Agus Nurjamil

Penulis: nicko ardinata
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved