Antisipasi ISPA, Diskes Mempawah Perkuat Jaringan Pelayanan Kesehatan

“Alhamdulillah untuk obat kita punya stok yang cukup. Andaikata ada situasi darurat Provinsi akan membarikan bantuan termasuk di antaranya meminta....

Antisipasi ISPA, Diskes Mempawah Perkuat Jaringan Pelayanan Kesehatan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Pontiaak, Hamdan Darsani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH – Kepala  Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Mempawah dr Sahaerul Faridin mengatakan jika terjadi kabut asap kasus penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) cendrung akan meningkat.

“Kasus ISPA akan banyak terjadi pada saat musim kabut asap. ISPA akan mudah diderita pada anak-anak yang diawali oleh sesak nafas, batuk bahkan demam,” ujarnya, Rabu (2/8/2017).

Ia mengatakan dinas telah menyiapkan jaringan pelayanan mulai dari Rumah sakit hingga ke tingkat puskesmas, untuk kesiapan obat-obatan juga sudah tersedia di masing-masing pos pelayanan.

“Alhamdulillah untuk obat kita punya stok yang cukup. Andaikata ada situasi darurat Provinsi akan membarikan bantuan termasuk di antaranya meminta ketersedian masker,” ujarnya.

Baca: Banyak Anak Bawah Umur Ditemukan Bermain Layangan

Baca: Warga Tebas Keluhkan Sudah Sepekan Air PDAM Keruh

Dirinya menambahkan stok masker yang ada di Dinas kesehatan, Pengandalian Penduduk dan Keluarga Berencana Mempawah sekitar 3 ribuan masker.

Jika situasinya terjadi kabut asap pekat seperti beberapa tahun lalu, pasokan masker bisa diminta untuk segera didroping dari Pemerintah Provinsi. 

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved