Antisipasi Virus Rabies, 986 Hewan Peliharaan Warga Singkawang Divaksinasi

Antisipasi Virus Rabies di Kota Singkawang, Pemerintah Kota Singkawang melakukan sejumlah Vaksinasi hewan peliharaan masyarakat.

Antisipasi Virus Rabies, 986 Hewan Peliharaan Warga Singkawang Divaksinasi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/TRY JULIANSYAH
Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Singkawang, Yusnita Fitriadi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Antisipasi  Virus Rabies di Kota Singkawang, Pemerintah Kota Singkawang melakukan sejumlah Vaksinasi hewan peliharaan masyarakat. Dimana tahun 2016, pemkot Singkawang telah memberikan vaksinasi kepada 713 hewan.

"Tahun lalu yang kita berikan vaksin terdiri dari anjing dewasa 587 ekor, anak anjing 109 ekor, kucing 15 ekor dan monyet 2 ekor. Sedangkan untuk 2017 ini sebanyak 986 ekor hewan peliharaan masyarakat yang kita vaksinasi," ujar Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Singkawang, Yusnita Fitriadi, Minggu (30/7/2017).

Menurutnya pemberian vaksinasi di tahun ini, merupakan vaksinasi periode kedua dan di fokuskan kepada wilayah-wilayah pinggiran yang berbatasan dengan Kabupaten tetangga. Sehingga menurut dia, virus tersebut tidak masuk ke Kota Singkawang.

"Kita blokir jangan sampai masuk dan merambah ke Kota Singkawang, terutama dari daerah tetangga. Karena itu Vaksinasi ini dilakukan lebih banyak di daerah-daerah yang berbeda batasan langsung dengan kabupaten tetangga," ungkapnya.

Baca: Satlantas Polres Singkawang Aktif Sosialisasi ke Sekolah

Meski di Kota Singkawang belum terdapat kasus yang mematikan tersebut, pihaknya terus menggalakkan vaksinasi kepada hewan peliharaan maupun liar. Termasuk pula tenaga medis yang memberikan Vaksinasi pada hewan turut diberikan vaksin.

"Tidak hanya hewan-hewan saja yang di vaksin, tapi juga petugas vaksinnya, mengingat resiko yang dilakukan petugas cukup tinggi. Kalau mereka (petugas) tergigitkan, bisa terkena virus rabies juga, makanya perlu kita vaksin sebelum mereka turun ke lapangan," tutupnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved