Thamrin Usman Siap Maju di Pilgub Kalbar

Karena saat ini Kalbar jauh sekali tinggal dalam bidang pendidikan. Saat ini Kalbar kalau dirata-rata hanya kelas 2 SMP saja

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / SYAHRONI
Rektor Untan, Prof Thamrin Usman DEA. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Rektor Universitas Tanjungpura, Prof Thamrin Usman DEA, telah menyatakan sikap siap maju dalam Pilgub 2018 mendatang. Dasar ia maju adalah, karena Kalbar ini membutuhkan figur yang mampu menaikan pendidikan.

"Kalbar ini butuh figur yang mampu menaikan status pendidikan. Karena saat ini Kalbar jauh sekali tinggal dalam bidang pendidikan. Saat ini Kalbar kalau dirata-rata hanya kelas 2 SMP saja," ucapnya, Kamis (27/7/2017).

Kalau kualitas pendidikan meningkat dikatkaannya, maka akan mempunyai dampak yang besar. Hasil riset dari bank dunia telah menyatakan kalau pendidikan itu diungkit maka akan memberikan imbas yang besar bagi ekonomi dan kesehatan.

"Oleh sebab itu kita perlu figur yang konsen mempraktekan sehari-hari aspek pendidikan ini, agar tidak menjadi program diatas kertas saja. Saya sendiri sejauh ini sudah mendaftar di Nasdem dan nanti saya juga akan mendaftar di partai lainnya untuk diusung dalam Pilgub," tambahnya.

Ia tegaskan akan melihat respon masyarakat bagaimana, terpenting menurutnya adalah keputusannya last minute.

"Kalau saya maju maka program saya adalah meningkatkan daya saing Kalbar dalam tiga aspek, pendidikan, ekonomi dan kesehatan," ucapnya.

Baca: Lomba Sampan Bidar Meriahkan Hut Sambas

Ian katakan kalau butuh masyarakat yang cerdas, bergizi, dan mampu membangun daerahnya dengan kekuatannya.

"Kita miliki sumber daya alam yang luar biasa tapi kita tidak miliki SDM yang mempuni. Oleh karena itulah konsen terhadap peningkatan SDM menjadi penting dalam memajukan Kalbar kedepannya," jelasnya.

Selain itu ia jelaskan tentu meningkatkan ekonomi juga harus ditunjang dengan infrastruktur, listrik, jalan dan air.

"Kita tau kalau kita di Kalbar punya SDA andalan yaitu uranium yang tidak pernah disentuh. Ini harus dimanfaatkan kedepan.
Alam sekitar juga akan bisa menyediakan gizi yang baik," katanya.

Ia menegaskan siap mundur dari statusnya saat ini sebagai Rektor Untan jika maju dalam perhelatan pemilihan gubernur nanti.

Penulis: Syahroni
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved