IHSG Ditutup Menguat, Berikut Saham Rekomendasi PT Reliance Securitas

Indeks IMP Manufaktur di Jepang yang turun 52,2 dari 52,4 dan indeks kepercayaan konsumen yang juga turun 115,8 dari 117,1 menjadi faktor utama.

IHSG Ditutup Menguat, Berikut Saham Rekomendasi PT Reliance Securitas
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Pergerakan IHSG 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - PT Reliance Securitas merilis pada awal pekan mayoritas indeks saham Asia ditutup bervariasi dengan penguatan dipimpin indeks saham di Indonesia, Hongkong dan China dengan rata-rata penguatan 0,5 persen. Sedangkan pelemahan dipimpin indeks saham di Jepang dengan rata-rata pelemahan dibawah -0,5 persen.

Branch Manager PT Reliance Securitas Pontianak, Riza Juliandri mengatakan indeks IMP Manufaktur di Jepang yang turun 52,2 dari 52,4 dan indeks kepercayaan konsumen yang juga turun 115,8 dari 117,1 menjadi faktor utama aksi jual sejak awal sesi perdagangan.

IHSG memimpin penguatan sebagian besar indeks saham di Asia dengan ditutup menguat 36,16 poin sebesar 0,63 persen dilevel 5801 dengan volume yang mulai terlihat optimis.

Indeks sektor infrastruktur dan keuangan menjadi pengerak utama penguatan IHSG pada awal pekan.

Investor berbalik beranggapan aksi pemerintah terhadap anggaran pembangunan dan kebijakan moneter sudah cukup tepat saat ini.

Baca: IHSG Ditutup Menguat Dilevel 5841

Indeks saham Eropa dibuka terjun dengan mayoritas pelemahan hingga -0,50 persen seiring tekanan profit taking pada Euro terhadap USD yang telah menguat cukup tinggi pada pekan sebelumnya.

Data Indeks kinerja manufaktur dan jasa di zona Eropa yang melemah berkontraksi terhadap ekspektasi menjadi pukulan besar pada awal sesi perdagangan hari ini. Indeks manufaktur turun 56,8 dari 57,2 dengan ekspektasi naik 57,4 dan Indeks Jasa turun 55,4 dari 55,5.

Sentimen selanjutnya investor akan mencari celah pembelian melihat pelemahan yang sudah signifikan pada beberapa indeks seperti Jepang dan mayoritas indeks Eropa.

Data yang ditunggu yakni indeks harga rumah yang menjadi tolak ukur kasar terhadap tingkat kemampuan konsumen dan prospek suku bunga AS.

Investor juga bersiap menghadapi kejutan lebih lanjut dari Washington setelah Presiden Donald Trump berusaha untuk memaksakan perintah di Gedung Putih dalam menghadapi penyelidikan Rusia yang melebar.

Secara teknikal pergerakan IHSG sesuai dengan pola sebelumnya yaknia rebound pada MA50, Lower bollinger bands dan uptrend line.

"Meskipun indikator Stochastic belum terlihat signal pembalikan arah jangka pendek. Penguatan IHSG ini sudah cukup wajar dengan adanya konfirmasi rebound pada level support. Sehingga diperkirakan IHSG akan melanjutkan penguatannya meskipun terbatas dengan range pergerakan 5765-5860. Saham-saham yang dapat dicermati diantaranya AKRA, ASII, BBCA, BBTN, RALS, WIKA, GGRM," ujar Riza.

Penulis: Maskartini
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved