Perlu Dukungan Semua Pihak untuk Tingkatkan Sektor Pariwisata

Presiden juga serius dalam mendorong pariwisata dengan memasukkannya kedalam program nawacita.

Perlu Dukungan Semua Pihak untuk Tingkatkan Sektor Pariwisata
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MASKARTINI
Kepala Dinas Pariwisata Kalbar, Kartius 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Pariwisata Kalbar, Kartius mendorong pengusaha hotel, restoran dan rumah makan di Kalbar terus meningkatkan diri agar mampu bersaing. Dunia serta pakar ekonomi sudah mengatakan bahwa negara yang mengandalkan torism lebih berkembang dibanding negara yang mengandalkan SDA. Data kementerian kata Kartius menunjukkan sepanjang 2005-2016 devisa yang disumbang sektor pariwisata meningkat signifikan.

"Presiden juga serius dalam mendorong pariwisata dengan memasukkannya kedalam program nawacita. Artinya menteri dan presiden serius membangun pariwisata tetapi daerah belum ngeh dalam membangun. Kita dari dinas kepemudaan dan pariwisata mendorong dan berkontribusi aktif pada penggiat pariwisata baik di ASITA maupun PHRI," ujar Kartius pada Minggu (23/7/2017).

Pariwisata dikatakan Kartius mampu mendongkrak pendapatan dari berbagai lini sektor daerah. "Di Indonesia, provinsi yang mengandalkan pariwisata jauh lebih berkembang dibandingkan sumber daya lain. Oleh karena itu pemerintah patut mendorong keras secara serius membangun kepariwisataan ini. Tentunya didukung oleh masyarakat sekitar, " ujarnya.

Kartius mengatakan banyak manfaat yang bisa dirasakan pemerintah dan masyarakat secara luas jika pariwisata ditata dan diatur sebaik mungkin. Apalagi dengan terbangunnya pariwisata, pengunjung datang, sehingga lapangan kerja terbuka. Dampaknya UMKM akan menggeliat dan pendapatan masyarakat pun bertambah.

Namun perlu diperhatikan bahwa mengoptimalkan kepariwisataan kata Kartius tidak bisa berjalan sendiri lantaran perlu dukungan dari banyak pihak. "Kita selalu berkoordinasi dengan semuanya. Kita harap semuanya mendukung baik pemerintah, dunia usaha, masyarakat dan pihak terkait lainnya," harapnya.

Dukungan dan kemudahan kata Kartius sudah diberikan apabila ada kunjungan wisata. "Rapat dengan ASITA dan PHRI yang kerap kali kita lakukan. Kuncinya adalah koordinasi baik saat akan melaksanakan kegiatan maupun merancang program kerja yang tentu bersinergi dan saling membutuhkan," ujarnya.

Penulis: Maskartini
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved