November 2017, BPN Kubu Raya Harus Selesaikan Proses Sertifikat Proda

Namun, sesuai dengan permintaan dari Pemerintah Kubu Raya agar bisa selesai November, pihaknya akan berupaya maksimal.

November 2017, BPN Kubu Raya Harus Selesaikan Proses Sertifikat Proda
TRIBUNPONTIANAK/MADROSID
Bupati Rusman Ali menyerahkan sertifikat proda tahun 2016 kepada penerima Desa Mekarsari, dia Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Selasa (11/7). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Madrosid 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Kepala BPN Kubu Raya, Sigit Wahyudi menyambut baik bantuan sertifikat terhadap masyarakat tidak mampu, program daerah (proda).

Hal ini sangat efektif guna mempercepat kepemilikan sertifikat tanah di masyarakat.

"Tentunya ini sangat baik sekali, seiring dengan program nawacita presiden Jokowi untuk memberikan sertifikat kepada masyarakat kurang mampu. Dalam pelaksanaannya, kita akan secepatnya menyelesaikan, asalkan dari masyarakat juga, sudah ada kelengkapan penguatan kepemilikan tanah," ujarnya. Selasa (11/7/2017).

Untuk prosesnya sendiri, Sigit menjelaskan waktunya hanya berkisar selama 3 bulan.

Baca: Pemda Kubu Raya Keluarkan 100 Sertifikat Proda 2017

Namun, sesuai dengan permintaan dari Pemerintah Kubu Raya agar bisa selesai November, pihaknya akan berupaya maksimal.

"Sebenarnya kalau program, ini kan dianggarkan selama satu tahun anggaran. Tapi karena permintaan bupati Bulan November harus selesai kami akan upayakan supaya bisa selesai November," ungkapnya.

Tinggal masyarakat, segera mengajukannya sendiri, sesuai SOPT catatan berkas lengkap dan sudah memenuhi pengajuan, hanya berkisar sekitar 3 bulan bisa selesai.

"Sebab, kita juga memiliki program Pendaftaran Tanah Sitematis Lengkap (PTSL) atau dulunya prona sebanyak 24 ribu, untuk tiga kecamatan Kubu, Batu Ampar dan Teluk Pakedai maka semuanya akan kita kejar semaksimal mungkin," tukasnya.

Sigit mengungkapkan bahwa jumlah SDMnya sangat minim. Sehingga perlu mengerjakannya secara prioritas mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

"Target penyelesaian untuk PTSL atau prona akan target penyelesaiannya akhir tahun ini. Dan proda sendiri tetap akan diupayakan November," pungkasnya.

Penulis: Madrosid
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved