Kapolda: Laporkan Jika Temukan Praktik Suap Seleksi Masuk Polisi

Artinya kalau pelaksana itu, memanipulasi data di dalam laptop akan ketahuan pada saat dilakukan pemeriksaan

Kapolda: Laporkan Jika Temukan Praktik Suap Seleksi Masuk Polisi
TRIBUNPONTIANAKFILE/Humas Polda
Kapolda Kalbar saat menyematkan tanda pangkat kepada anggota dalam upacara kenaikan pangkat di Mapolda Selasa (4/7). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Zulkifli

TRIBUN PONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK - Kapolda Kalbar Irjen Pol Erwin Triwanto menegaskan proses seleksi masuk anggota Polri yang digelar panitia Polda Kalbar dilakukan secara transfaran. Ia memastikan nihil temuan pelanggaran atau laporan masyarakat terlebih praktik suap.

"Alhamdulillah saya ikuti setiap kegiatan. Di sini tidak terjadi seperti itu (praktik suap). Kalau ada, laporkan siapapun yang terlibat saya akan proses. Jika memang terbukti adanya pemerasan atau penipuan," tegas Erwin, Selasa (4/7/2017).

Erwin menambahkan, sejak awal panitia penerimaan anggota Polri telah berkomitmen dan diambil sumpahnya, untuk melaksanakan proses penerimaan sesuai aturan, profesional dan bersih.

"Kalau ada komplen silahkan langsung bicara di sini. Nanti kita akomodir dan jelaskan .Dan sejauh ini belum ada yang komplen. Artinya kita secara transfaran, melaksanakan kegiatan. Nilainya pun kita buka secara transfaran," tambahnya.

Dikatakanya bahkan Imbauan kepada panitia seleksi sejak tahap awal sudah di instruksikan dari Mabes Polri, sehingga Kapolda menilai kecil kemungkinan adanya penyimpangan dalam tugas.

"Bahkan semua laptop panitia pelaksana itu sudah di cloning ya. Artinya kalau pelaksana itu, memanipulasi data di dalam laptop akan ketahuan pada saat dilakukan pemeriksaan,"Tegasnya.

Pihaknya menegaskan, imbauan juga telah disampaikan kepada warga sejak awal. Bahkan komitmen diwujudkan dengan fakta integritas yang diikuti siswa panitia dan orangtua siswa. Satu di antara butirnya yakni, apabila ada indikasi panitia memberi suap kepada pelaksana, maka siswa atau calon siswa tersebut dicoret. " Sudah jelas itu. Jadi Insya Allah bersih," tandasnya.

Penulis: Zulkifli
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved