Jadi Pembicara di Kongres Diaspora, Obama: Semangat Negara Adalah Toleransi

Kita harus mempromosikan nilai-nilai toleransi itu setiap hari. Indonesia terdiri atas ribuan pulau, berbagai etnis, agama dan ras

Jadi Pembicara di Kongres Diaspora, Obama: Semangat Negara Adalah Toleransi
(AFP PHOTO / POOL / DITA ALANGKAR)
Mantan presiden AS Barack Obama (kiri) disambut Presiden Joko Widodo, saat berkunjung ke Istana Kepresidenan di Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/6/2017). Kunjungan itu digelar di sela kedatangan Obama ke Jakarta setelah sebelumnya menyambangi Bali dan Yogyakarta dalam rangka liburannya bersama keluarga di Indonesia. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - Dalam pidatonya di Kongres Diaspora Indonesia yang digelar di The Hall Kasablanka, Sabtu (1/7/2017), Presiden ke-44 Amerika Serikat, BarackObama, mengatakan pentingnya menjaga toleransi.

"Semangat negara ini adalah toleransi. Semangat itu adalah salah satu pembeda Indonesia, karakter penting yang harus dicontoh semua negara, 'Bhinneka Tunggal Ika'", ujar Obama.

Obama bercerita tentang sikap toleransi yang dilihat dari ayah tirinya, Lolo Soetoro. Ayahnya yang merupakan penganut Muslim, sangat menghargai penganut Hindu, Buddha, maupun Kristen.

Obama kemudian menunjukkan betapa toleransi akan keberagaman menjadi identitas utama Bangsa Indonesia. Sebagai contoh, Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha berada di tengah negara Muslim. Kemudian, Candi Prambanan yang Hindu dan dilindungi oleh negara Muslim.

Belum lagi tradisi wayang kulit dan cerita Ramayana yang menjadi budaya di negara Muslim seperti Indonesia. Bahkan, Obamamengatakan, di Indonesia, tempat ibadah yang berbeda dapat dibangun berdampingan.

"Kita harus mempromosikan nilai-nilai  toleransi itu setiap hari. Indonesia terdiri atas ribuan pulau, berbagai etnis, agama dan ras. Tapi semua perbedaan harus dihargai," kata Obama.

Editor: Jamadin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved