Ada ASN Bolos Hari Perdana Masuk Kantor, Ini Sanksinya Menurut Kepala BKPSDM

Untuk jajaran Pemkab Kubu Raya, semuanya nanti apel terlebih dahulu di halaman Kantor Bupati Kubu Raya.

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Madrosid

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Kepala Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kubu Raya, Kusyadi mengatakan sistem absensi masuk hari pertama kerja pasca libur Idul Fitri akan dilaksanakan secara manual. Setiap instansi akan melaksanakan absen langsung dengan apel terlebih dahulu.

"Untuk jajaran Pemkab Kubu Raya, semuanya nanti apel terlebih dahulu di halaman Kantor Bupati Kubu Raya. Semua ASN akn mengikuti apel dan kita siapkan absensi manual dengan cara tanda tangan langsung," kata Kusyadi, Kamis (29/6).

Jadi, pihak BKPSDM memberlakukan sistem manual absensi ini, guma mengantisipasi adanya para ASN yang dengan sengaja tak masuk kerja hari pertama. Semuanya akan dimintai laporan dari setiap instansi terkait.

"Kecuali nanti yang ada di kecamatan-kecamatan. Mereka langsung melaksanakan apel sendiri dan absensinya sekaligus. Namun kita minta laporan secara update melalui foto-foto pelakasanaan apel dan absesni," ungkapnya.

Bagi pegawai yang tidak masuk pada hari pertama kerja. Tentu akan mendapat penilaian tersendiri. Apa alasan ketidak masukan pegawai terkait. "Kita akan mintai keterangan dari instansinya langsung. Jika memang sakit atau ada yang mendesak tentunya ada laporan atau keterangannya," ucap Kusyadi.

Namun, sambungnya jika seorang pegawai itu sengaja membolos, tentunya itu akan masuk pda kategori pelanggaran disipil. "Akan kita terapkan sesuai prosedur dalam aturannya. Bagi yang memang membolos," pungkasnya. 

Penulis: Madrosid
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved