Pertolongan Pertama Jika Digigit Anjing

Nah informasi semacam inilah menurutnya harus sampai pada masyarakat sehingga ada penanganan awal jika memang tergigit oleh anjing.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / SYAHRONI
Ketua DPRD Kota Pontianak, Satarudin. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pontianak, Satarudin meminta agar langkah awal yang haris dilakukan dinas terkait harus melakukan sosialisasi pencegahan jika ada warga masyarakat terkena gigitan anjing.

Walaupun itu menurutnya, bukan anjing yang menularkan rabies, namun sudah sepatutnya warga diedukasi mengenai penanganan dan pencegahan jika terkena gigitan anjing.

Sosialisasi dikatakannya sangat penting sebagai antisipasi dan pengetahuan warga masyarakat. Jangan sampai ada warga yang menjadi korban, lantaran tidak mendapat pengetahuan yang memadai.

"Informasi seperti itu penting selain tindakan antisipasi masuknya anjing-anjing liar dari Kabupaten tetangga. Bagaimana pertolongan pertama yang harus diberikan kepada mereka yang digigit anjing itu penting," jelasnya, Selasa (20/6/2017).

Baca: Banjir Sebabkan Gagal Panen, Petani Harap Bantuan Bibit

Baca: Mei Hingga Juni 2017, Dinsos Kalbar Pulangkan 536 TKI

Baca: Heboh Siswa Pukul Guru Pakai Kursi Sekolah, Ini Kronologis Lengkapnya

Satar mengatakan berdasarkan ilmu yang ia dapat, jika digigit anjing atau kena kuku anjing, hal pertama yang mesti dilakukan adalah cuci luka dengan air mengalir dan gosok dengan sabun.

Lakukan 5-10 menit.

Halaman
12
Penulis: Syahroni
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved