Ramadan 1438 H

Kasat Lantas: Puncak Arus Kendaraan Diprediksi H-3 Lebaran

Lebaran pada hari ke tiga diprediksi juga akan meningkat karena bayak keluar wilayah maupun masuk untuk kegiatan silaturahmi

Kasat Lantas: Puncak Arus Kendaraan Diprediksi H-3 Lebaran
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / RAYMOND KARSUWADI
Bupati Atbah cek pasukan dalan apel kesiap siagaan "Operasi Ramadaniya 2017" di Mapolres Sambas, Senin (19/6/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Raymond Karsuwadi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Kasat Lantas Polres Sambas, AKP Syaiful Bahri mengungkapkan bahwa pihaknya sudah memprediksi akan adanya penigkatan arus kendaraan jelang hari H Idul Fitri.

"Dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya. Kita sudah memprediksi arus kendaraan akan meningkat jelang hari raya, inilah yang selalu kita perhatikan karena berpotensi laka lantas. Kemudian kemacetan di beberapa titik," ujarnya, Senin (19/6/2017).

Untuk itu, pihaknya bersama instansi terkait telah melakukan pemetaan lokasi-lokasi yang nantinya akan terjadi peningkatan jumlah volume kendaraan.

"Tahun sebelumnya di wilayah sambas peningkatan itu pasa H-3 masyarakat kita akan mudik ke Sambas, H-2 dan H-1 yang biasanya pergi ke tempat perbelanjaan. Lebaran pada hari ke tiga diprediksi juga akan meningkat karena bayak keluar wilayah maupun masuk untuk kegiatan silaturahmi," ujarnya.

Kasat mengatakan untuk peningkatan volume kendaraan pada H+7 diprediksi juga akan meningkat karena arus balik meninggalkan Sambas.

"Untuk lokasi yang nantinya akan diprediksi padat diantaranya penyebrangan Tebas ke Jawai, Fery teluk kalong yang menuju sekura dan paloh yang sudah di siapkan pos-pos keamanan, selanjutnya di Tebas dan Selakau," ujarnya.

Selain pada pos diatas, Pos terpadu juga didirikan di Sajingan Besar mengingat para TKI yang kemungkinan besar akan mudik lebaran melewati PLBN Aruk, seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Kita juga mendirikan pos terpadu di sajingan, karena biasanya seperti tahun kemarin perlintasan semakin meningkat karena TKI yang akan kembali ke Indonesia," katanya.

Utnuk itu, pihaknya selama Operasi Ramadhaniya berlangsung bekerjasama dengan Pemkab melalui dinas terkait untuk menciptakan Kamseltibcar Lantas di Kabupaten Sambas.

Kasat menghimbau kepada seluruh pengendara yang akan bepergian jelang dan selama Hari Raya, untuk tetap berhati hati dalam berkendara dan menjadi pelopor keselamatan berkendara.

"Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk berhati hati dan mentaati aturan. Karena lalu lintas akan meningkat yang menjadi potensi terjadinya laka lantas," tukasnya.

Penulis: Raymond Karsuwadi
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved