Disperindag Klaim Operasi Pasar Sukses Tekan Harga Bawang Putih

Dikatakannya, operasi bertujuan membantu masyarakat dengan harapan dapat menggerakkan para distributor resmi yang ada.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ZULKIFLI
Sejumlah warga antre membeli bawang putih di Pasar Mawar, Rabu (7/6/2017) pagi. 

TRIBUN PONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag) Kota Pontianak, Haryadi S Triwibowo mengklaim operasi pasar berhasil menekan harga bawang putih di pasaran.

"Dari harga sebelumnya Rp 90 ribu sampai sekarang kisaran Rp 30-32 ribu, berartikan sudah mulai standar lagi , berartikan operasi ini berhasil," ujarnya, Rabu (7/6/2017).

Pihaknya mengatakan, untuk operasi pasar, tahap dua ini , dengan jumlah 60 ton bawang putih, dilakukan hanya sampai didua titik pasar, yakni Flamboyan Selasa (6/6) dan Pasar Mawar Rabu (7/6).

Sementara untuk di Kapuas Besar, yang direncanakan sebelumnya tidak jadi digelar.

"Untuk operasi pasar bawang putih di Pontianak sudah habis, hari ini. Insya Allah kalau pasar Flamboyan dan pasar Mawar sudah berhasil, di Kapuas besar tidak perlu lagi digelar," katanya.

Baca: Foto-foto Operasi Pasar Bawang Putih di Pontianak

Dikatakannya, operasi bertujuan membantu masyarakat dengan harapan dapat menggerakkan para distributor resmi yang ada, untuk dapat mengeluarkan stok bawang putih mereka ke pasaran.

"Jangan sampai mereka menahan barang untuk harga itu tinggi, untuk mencari keuntungan kondisi saat ini. Demikian kalau terbukti menimbun, kita tindak tegas," ungkapnya.

Menurutnya, jika para distributor tidak mengeluarkan stoknya tentu akan mengalami kerugian sendiri, baik biaya operasional penyimpanan, kemudian kualitas menurun. Mereka juga pastinya terkena dampak adanya operasi pasar.

Pihaknya memastikan bilamana, harga bawang putih dipasaran belum stabil pihaknya akan berupaya menggelar operasi pasar kembali.

Penulis: Zulkifli
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved