Bupati Nilai Layanan Angkutan Darat dan Sungai Beri Kontribusi Perkembangan Ekonomi Daerah

Menurutnya, saat ini hampir seluruh kota dan kecamatan di Kapuas Hulu telah dapat dijangkau oleh transportasi darat. Artinya ini telah memberikan.....

Bupati Nilai Layanan Angkutan Darat dan Sungai Beri Kontribusi Perkembangan Ekonomi Daerah
TRIBUNFILE/ISTIMEWA
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Sahirul Hakim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad (AM) Nasir menyatakan, sektor perhubungan di Kapuas Hulu selama ini, telah berkembang, serta memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya pada moda pelayanan angkutan darat.

"Kita tahu bahwa, dimana pihak swasta telah menyediakan angkutan yang cepat, aman, dan nyaman bagi masyarakat, baik angkutan dalam kota maupun angkutan pedesaan yang menjangkau kota-kota kecamatan," ujarnya kepada wartawan, Rabu (7/6/2017).

Menurutnya, saat ini hampir seluruh kota dan kecamatan di Kapuas Hulu telah dapat dijangkau oleh transportasi darat. Artinya ini telah memberikan kontribusi, terhadap pertumbuhan ekonomi daerah, terutama untuk angkutan antar kota dalam provinsi yang sebelumnya hanya dilayani bus angkutan umum.

"Maka dengan semakin membaiknya kondisi jalan, telah banyak perusahaan swasta yang mengoperasikan taksi untuk kebutuhan pelayanan transportasi, sehingga tersedia pilihan bagi masyarakat," ucapnya.

Baca: Pria Ini Habiskan Satu Kilogram Cabai Tiap Makan, Efeknya Menakjubkan

Demi menunjang ketertiban di sektor angkutan darat tersebut, Pemerintah Daerah Kapuas Hulu, telah membangun sarana penunjang angkutan umum, berupa terminal.

"Kita telah membangun empat unit terminal yang berada di kecamatan," jelasnya.

Selain itu juga, angkutan sungai masih tetap menjadi andalan bagi masyarakat, sehingga tetap dipelihara dan difungsikan masyarakat.

Meskipun dinilai dari sisi tempuh moda angkutan sungai tidak efisien. Namun dari segi kemampuan daya angkut khususnya barang jauh lebih besar, dibandingkan angkutan darat.

"Dalam rangka tetap memfungsikan moda angkutan sungai untuk melayani masyarakat, prasarana pendukungnya, tetap harus dipelihara antara lain, berupa penyediaan steigher yang ada di beberapa kota kecamatan," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved