Breaking News:

Ramadan 1438 H

Hukum Berbuka Puasa Bagi Pekerja Berat

Muslim yang mendapat perkecualian untuk tidak berpuasa hanyalah karena sakit, dalam perjalanan, dan karena orang yang berat berpuasa.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Mirna Tribun
TRIBUNFILE/IST

Assalamualaikum, bagaimana ketentuan puasa untuk pekerja? Apakah jika tidak mampu sampai membatalkan puasa, apakah puasanya bisa diganti hari atau membayar fidyah? +6285346734300

Jawaban: 

Puasa Ramadhan adalah salah satu Rukun Islam yang tidak boleh ditinggalkan oleh siapapun yang beragama Islam.

Kewajiban puasa Ramadan adalah salah satu wujud kasih sayang Allah kepada makhluk-Nya, agar mereka mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan ampunan dan rahmat dari Allah serta mendapatkan kesempatan untuk terlindung dari siksa neraka.

Baca: Gara-gara Sepotong Sosis, Sang Ibu Tega Menginjak Putrinya yang Mungil di Depan Umum

Baca: Astaga, Orang Bermukena Ini Langkahi Jemaah Sedang Sujud untuk Curi Tas Mereka

Oleh karena itu, setiap muslim diharuskan untuk memenuhi kewajiban ini untuk kemaslahatan pribadinya.

Muslim yang mendapat perkecualian untuk tidak berpuasa hanyalah karena sakit, dalam perjalanan, dan karena orang yang berat berpuasa.

Orang yang berat berpuasa adalah orang yang sudah tua renta, menderita sakit yang tidak kunjung sembuh, serta perempuan yang hamil dan menyusui yang tidak mampu berpuasa.

Bagi pekerja berat seharusnya berazam dan bersabar dengan kewajiban puasa ini, semoga Allah memberikan kemudahan kepadanya untuk menjalankan kewajiban ini.

Kalau memang pekerjaannya tidak memungkinkannya untuk berpuasa, maka sebaiknya dia berpikir untuk mencari pekerjaan lain atau mengambil cuti atau mengambil giliran kerja di malam hari, atau alternatif lain yang memungkinkannya untuk berpuasa.

Kalau ternyata juga tidak bisa mencari alternatif pekerjaan lain, lalu berpuasa membuat kondisi kesehatannya fatal, maka dia boleh berbuka dan dia wajib untuk mengqadha’nya di bulan-bulan di luar Ramadan.

Sumber: Dr. H. Harjani Hefni, Lc, MA

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved