Breaking News:

Hasil Sensus Ekonomi Dasar Merumuskan Kebijakan

Sedangkan bagi pemerintah khususnya pemerintah daerah sensus ekonomi ini kata Eddy paling tidak akan bermanfaat sebagai dasar dalam merumuskan....

Penulis: Maskartini | Editor: Mirna Tribun
TRIBUNPONTIANAK/MASKARTINI
Pengamat Ekonomi Universitas Tanjungpura, Eddy Suratman saat launching Hasil Sensus Ekonomi 2016 di Hotel Orchard pada Rabu (24/5/2017). 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) melaunching Hasil Sensus Ekonomi 2016 di Hotel Orchard pada Rabu (24/5/2017).

Pengamat Ekonomi Universitas Tanjungpura, Eddy Suratman mengatakan hasil sensus ekonomi akan sangat bermanfaat untuk empat komponen.

"Pertama hasil sensus ini untuk para pengusaha akan bermanfaat sebagai sarana untuk melakukan evaluasi. Mereka jadi mengetahui posisi usahanya dan kemudian melihat daya saing dengan yang lain seperti apa," ujar Eddy melalui pemaparannya.

Sedangkan bagi pemerintah khususnya pemerintah daerah sensus ekonomi ini kata Eddy paling tidak akan bermanfaat sebagai dasar dalam merumuskan kebijakan.

Baca: BREAKING NEWS: Honda City Tabrak Pembatas Jalan di Jalan Sultan Sy Abdurrahman

Selanjutnya untuk merancang perencanaan pembangunan guna mendorong perekonomian daerah.

"Bagi akademisi sensus ekonomi paling tidak akan bermanfaat untuk bahan penelitian. Tentu melalui hasil yang ada bisa menunjukkan posisi ekonomi Kalimantan Barat akan seperti apa. Bagi masyarakat juga apakah sensus ekonomi ini akan memberikan manfaat," ujar Eddy.

Eddy mengatakan paling tidak jika sensus ekonomi ini mendekati kenyataan maka masyarakat mendapatkan manfaat pembangunan. "Maka semua kebijakan yang berkaitan dengan pembangunan akan bisa dirumuskan. Hasil sensus yang akurat membawa kebijakan yang tepat dan akan memberi manfaat bagi masyarakat," ujar Eddy.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved