Awal Agustus, Mahasiswa Baru akan Diberangkatkan ke Malang

Namun sebelum memulai aktivitas perkuliahan tentunya akan ada proses yang harus diterima Mahasiswa baru, seperti Orientasi Maba dan Matrikulasi.

Awal Agustus, Mahasiswa Baru akan Diberangkatkan ke Malang
TRIBUNPONTIANAK/MUHAMMAD FAUZI
Para siswa ini tampak serius mengisi lembar soal yang sudah disediakan pihak Perguruan tinggi Universitas Negeri Malang (UM). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Muhammad Fauzi

TRIBUNPONTIANAK. CO. ID, KAYONG UTARA - Awal Agustus seluruh siswa yang lulus seleksi pada Perguruan tinggi Universitas Negeri Malang (UM) akan diberangkatkan ke Malang.

Namun sebelum memulai aktivitas perkuliahan tentunya akan ada proses yang harus diterima Mahasiswa baru, seperti Orientasi Maba dan Matrikulasi.

"Pengumuman insyaallah, kalau berdasarkan jadwal yang ditetapkan mereka bertepatan dengan SMBPTN, selesai pengumuman itu adik-adik akan di berangkatkan di awal Agustus, dan akan mengikuti matrikulasi dan orientasi masuk ke Perguruan Tinggi," terang Kasubag pendidikan Pemuda dan olahraga Ichwani, Senin (22/5/2017).

Pada Seleksi Perguruan tinggi Universitas Negeri Malang (UM) pihak Kabupaten hanya diberi kewenangan untuk melengkapi administrasi para Calon Mahasiswa saja, untuk tes yangnya sendiri diakui Icwani menjadi kewengan pihak Universitas Negeri Malang (UM).

Lanjutnya, 3 Bulan sebelum melalui tahap seleksi pihak Pemerintah daerah sendiri diakuinya sudah menyebarkan surat terkait pembukaan Mahasiswa baru Universitas Negeri Malang (UM), sehingga seluruh masyarakat berkesempatan mengikuti seleksi tersebut.

"Kita dipinta dari Universitas Negeri Malang hanya untuk seksi administrasi saja ditingkat Kabupaten. Dengan mengumpulkan berkas dari adik-adik yang semua sekolah kita libatkan. Kemarin 3 bulan sebelum pendaftaran kita sudah menyebarkan surat ke sekolah-sekolah, Camat dan Desa. Dan diberikan kesempatan untuk adik-adik mengikuti semua jurusan yang sudah kita tentukan,"tuturnya.

Saat ini diakui Ichwani sudah ada beberapa universitas yang bekerjasama dengan pemerintah daerah, MoU ini diakuinya pula satudiantara program pemerintah daerah, yang mana program ini dinamani program 10 Sarjana perdesa yang sudah berjalan sejak tahun 2014 lalu.

"Universitas Tanjungpura Pontianak, Universitas Tribuana Tunggal Dewi Malang, Universitas Islam Malang, Universitas Negeri Malang, Poltekes Semarang, Institut Pertanian Bogor, Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian di Magelang Jogja itu yang sudah melakukan MoU, itu masuk dalam program 10 Sarjana per Desa," tambahnya.

Penulis: Muhammad Fauzi
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved