Isun Vera Tawarkan Aneka Olahan Lidah Buaya

Mulai dari dodol, kerupuk, jely, juga minuman kemasan instan. Termasuk pula aneka produk kerajinan tangan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / ISHAK
Karyawati Isun Vera, Novi, berpose perlihatkan satu dari produk turunan olahan lidah buaya, di gerai Isun Vera, Jalan Budi Utomo, Pontianak Utara, Jumat (12/5/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Lidah Buaya dikenal sebagai satu dari komoditas unggulan di Pontianak. Tumbuhan yang dikenal dengan nama lain Aloe Vera ini, banyak dibuat produk turunannya.

Mulai dari dodol, kerupuk, jely, juga minuman kemasan instan. Termasuk pula aneka produk kerajinan tangan.

Isun Vera, jadi satu merek yang konsen dengan produk-produk turunan dari lidah buaya ini.  "Saat ini sekitar 20 jenis produk turunan dari lidah buaya yang dibuat di Isun Vera," ujar owner (pemilik) Isun Vera, Sunani (44), Jumat (12/05/2017).

(Baca: POM Kalbar Tetap Gelar Pawai Akbar 20 Mei 2017, Ini Tuntutannya)

Sunani mengungkapkan, dirinya mulai geluti pengolahan lidah buaya sejak 2004 silam. Berjalan hampir 13 tahun, produknyapun kian dikenal bahkan hingga mancanegara.

Beberapa jenis produk dari lidah buaya yang dihasilkannya antara lain jely lidah buaya, dodol, kerupuk, coklat, stik, pilus, juga kerupuk. Untuk jenis minuman, ada juice, asam kunyit lidah buaya, lidah buaya instan, dan teh.

"Ada juga aneka seperti nastar, lapis lidah buaya. Bahkan selai juga ada," bebernya.

Tak sampai di situ. Seiring berjalan waktu, ide kreatif terus dikembangkannya kian berkembang.

(Baca: Maksimalkan Urus Perizinan, Ini Upaya Dinas PMPTSP )

Hingga saat ini, pihaknya bahkan mampu telurkan turunan produk selain makanan. Termasuk semisal sabun lidah buaya.

"Beberapa barang kerajinan dari kulit buaya juga ada. Ada gantungan kunci, tempat pensil, dompet, sampai ukuran yang agak besar seperti tas," timpalnya.

Produk-produknyapun ditawarkan dalam harga terjangkau. Seperti makanan dan minuman dari lidah buaya, harganya antara Rp 5 ribuan sampai Rp 200 ribuan saja per kemasan

"Barang kerajinan tangan dari lidah buaya juga lebih kurang sama harganya. Antara Rp 20 ribuan sampai Rp 200 ribuan," pungkasnya.

Penulis: Ishak
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved