Polair Ketapang Patroli Rutin Nelayan dan Kapal

Pihaknya juga melakukan patrol rutin sekaligus menyampaikan imbauan kepada nelayan dan nakhoda-nakhoda kapal di Ketapang.

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Subandi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG – Kepala Satuan Polair Polres (Kasat Polair) Polres Ketapang, AKP Aam Kudussalam mengungkapkan cuaca di Ketapang termasuk di laut saat ini memang tidak pasti.

Cuacanya berubah-rubah dan terkadang angin ribut dan hujan lebat.

“Kita sudah memberitahukan secara preventif kepada nelayan. Serta kepada pemilik-pemilik kapal lain di Ketapang khususnya di Pelabuhan Sukabangun terkait kondisi tersebut,” katanya kepada awak media di Ketapang, Minggu (7/5/2017).

Pihaknya juga melakukan patrol rutin sekaligus menyampaikan imbauan kepada nelayan dan nahkoda-nahkoda kapal di Ketapang.

Baca: 26 Tim Ikut Lomba Sampan Tradisional Bidar Race 2017

Terhadap peralatan untuk penyelamatan pihaknya mempersiapkan kapal tipe C3 dua unit, speedboat dan lain-lain.

“Imbauan kita yakni menyampaikan situasi dan kondisi di Ketapang saat ini kurang bersabahat. Jadi sebelum berangkat berlayar lihat dahulu situasi dan kondisi di perairan Ketapang. Sehingga bisa menghindari hal tak diinginkan,” ungkapnya.

Pihaknya selalu berkoordinasi sama TNI Angkatan Laut, Badan SAR Nasional Ketapang dan pihak terkait lainnya.

Tujuannya untuk mengantisipasi dan menindaklanjuti terhadap hal-hal tak diinginkan misalnya kecalakaan di sungai dan laut.

Sehingga jika terjadi misalnya kecelakaan di laut maka penyelamatan tak hanya dilakukan pihaknya.

Tapi juga bekerjasama dengan pihak-pihak terkait tersebut.

Ia berharap tak ada terjadi hal-hal tak diinginkan di Ketapang.

“Nelayan di Ketapang juga rata-rata sudah tahu melihat situasi dan kondisi cuaca di laut. Jika cuaca tak memungkinkan mereka kadang tidak jadi melaut. Tapi kita tetap akan selalu waspada mengantisipasi terjadinya hal tak diinginkan,” ujarnya.

Penulis: Subandi
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved