Citizen Reporter

Perlombaan Desa Untuk Mengukur Tingkat Keberhasilan Pembangunan

Kepala desa beserta staf dapat memetik hikmahnya untuk intropeksi diri guna meningkatkan pelayanan.

Penulis: Subandi | Editor: Rizky Zulham
Perlombaan Desa Untuk Mengukur Tingkat Keberhasilan Pembangunan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Wabup Ketapang, Suprapto menghadiri pembukaan kegiatan Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) 2017di Desa Kendawangan Kiri Kecamatan Kendawangan, Kamis (4/5/2017).

Citizen Reporter
Andy Candra
Peliputan Humas dan Protokol Setda Ketapang

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG – Wakil Bupati (Wabup) Ketapang, Suprapto S membuka kegiatan Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) 2017di Desa Kendawangan Kiri Kecamatan Kendawangan, Kamis (4/5/2017).

Pada kegiatan ini Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kalimantan Barat (Kalbar), Drs Y Alexander M Si menyampaikan kata sambutan. Kata sambutannya dibacakan Kepala Bidang Pemerintahan Masyarakat dan Desa Kalbar, Sy Ardiman.

“Perlombaan Desa merupakan satu di antara indikator untuk mengukur tingkat keberhasilan Kepala Desa beserta jajaranya bersama masyarakat dalam membangun desanya,” kata Ardiman ketika membacakan kata sambutan Alexander.

Menurutnya melalui kegiatan penilaian lomba desa kali ini, kepala desa beserta staf dapat memetik hikmahnya untuk intropeksi diri guna meningkatkan pelayanan. Serta dapat menjadi contoh dalam pembangunan desa pada masa mendatang.

Baca: Desa Kendawangan Kiri Berharap Raih Juara di Lomba Desa Tingkat Provinsi

Sebab itu ia menegaskan perlombaan desa ini bukan semata mata untuk merebut juara. Namun dibalik itu terkandung maksud yang teramat mulia. Di antaranya sebagai upaya untuk mendorong usaha membangun masyarakat atas dasar tekad.

Serta kekuatan sendiri sekaligus mengevaluasi keberhasilan desa dalam meningkatkan kualitas pembangunan. Misalnya dibidang kepemerintahan, pendidikan, pemberdayaan masyarakat,  politik, keamanan dan sebagainya.

“Berdasarkan Surat DPMD Prov Kalbar  No 414/212/ DPMD-A Tertanggal 13 April 2017. Hasil seleksi administrasi dan jadwal Perlombaan Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalbar 2017 telah  dilaksanakan penseleksian berkas lomba desa,” ungkapnya.

Pada surat itu menjelaskan lomba tersebut hanya diikuti tujuh Kabupaten dari 12 Kabupaten di Kalbar. Satu di antaranya adalah Ketapang dan Desa Kendawangan Kiri di Kecamatan Kendawangan sebagai perwakilannya.

Kemudian untuk lomba kelurahan diikuti tiga dari delapan kabupaten dan kota di Kalbar. “Baik desa maupun kelurahan tersebut merupakan nomonasi sebagai  kandidat yang akan bersaing untuk meraih juara I, II dan III dalam Perlombaan Desa maupun Kelurahan Tingkat Provinsi Kalbar 2017,” tuturnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved