Offroader Kalbar Kagumi Air Terjun Nokan Cecak ‎ ‎

Air terjun yang berjarak tak kurang dari 10 KM dari pasar Nanga Kemangai ini tersembunyi di dalam hutan yang lebat dan masih terlihat alami.‎

Penulis: Hadi Sudirmansyah | Editor: Rizky Zulham
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HADI SUDIRMASYAH
Off Roader Kalbar berkunjung ke Air Terjun Nokan Cecak yang menjadi Rangkaian kegiatan Adventure Off Road IOF " Full 4WD" yang di prakarsa oleh Pengcab Indonesian Off Road Federation (IOF) Melawi ?pada 22-24 April 2017. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hadi Sudirmansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Off Roader Kalbar kagumi indahnya pemandangan dan segarnya Air Terjun Nokan Cecak yang menjadi Rangkaian kegiatan Adventure Off Road IOF " Full 4WD" yang di prakarsa oleh Pengcab Indonesian Off Road Federation (IOF) Melawi ‎pada 22-24 April 2017.

Lelah menjelajahi ratusan kilometer jalan yang medan tanjakan serta ekstreem dari kabupaten Melawi dan kabupaten Sintang dari pagi hingga malam hari, terbayarkan saat kunjungi wisata alam yang berada di tengah hutan di desa Nanga Kemangai kecamatan Ambalau.

Air terjun yang berjarak tak kurang dari 10 KM dari pasar Nanga Kemangai ini tersembunyi di dalam hutan yang lebat dan masih terlihat alami.‎

Berjalan sekitar 10-20 Menit dari pasar dan melintasi kawasan perkampungan Nanga Kemangai, meski jalanan menanjak dan menurun‎, rasa lelah melangkah akan terbayarkan ketika melihat pandangan air terjun dan rasakan segarnya air gunung.

Baca: Pemkab Mempawah Bahas Potensi Wisata Air Terjun Sambora

Ketua Umum Pengda IOF Kalbar Adrianus Asia Sidot yang mulanya hanya ingin melihat dan berfoto di kawasan wisata air terjun‎ tersebut, tak ayal langsung buka baju dan turut merasakan segarnya air pegunungan di kabupaten Sintang ini.

Offroader Kalbar
Offroader Kalbar (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HADI SUDIRMASYAH)

"Wah segar sekali air ini, riam airnya juga enak untuk memijat punggung yang sedikit rasa pegal, setelah lelah setir mobil,"katanya,

Kemudian mantan Bupati Landak dua periode ini menuturkan kalau memang dan bisa air terjun ini pindahkan ke Pahauman atau Pontianak, biar bisa di kunjungi setiap saat.

Ia juga menuturkan air terjun ini sangat berpotensi menjadi satu diantara menarik perhatian wisata, tinggal di kemas dan di promosikan.

"Air terjunnya pemandangan sudah bagus, masyarakat di sini sangat menjaga kelestartiannya, tinggal di promosikan dan dibangun home stay, pasti banyak wisatawan yang berkunjung kesini,"katanya.

‎Sementara Ketua Pengcab IOF Melawi Dadi Sunarya UY menuturkan dirinya sengaja mengajak ke Air terjun Nokan cecak untuk memperkenalkan lokasi wisatanya ini kepada rekan-rekan off roader yang berasal dari luar kabupaten Melawi dan Sintang.

"Walaupun saya wakil bupati Melawi, tapi saya warga Kalbar dan ketua Pengcab IOF Melawi, rasanya sudah kewajiban juga memperkenalkan kawasan wisata ke masyarakat luas, meskipun ini berada di Sintang, itu sah-sah saja,"katanya.

Lanjutnya, ternyata setelah di perkenalkan, Ketua Umum Pengda IOF Kalbar yang mengaku baru pertama kali mengunjungi air terjun Nokan cecak langsung tertarik, semoga dengan promosi wisatanya ini bisa di ketahui masyarakat luas hingga luar Kalbar dan luar negeri.

Mengunjungi wisata alam air terjun Nokan Cecak di Nanga Kemangai Kec Ambalau merupakan rangkaian kegiatan Adventure Off Road IOF Full Time 4WD ‎dari tanggal 22-24 April 2017 ke daerah terisolir di kabupaten Melawi dan Kabupaten Sintang.

Kegiatan atas kerjasama Pengcab Indonesian Off Road Federation (IOF) Sintang, Pengda IOF Kalbar dan Polres Melawi serta Pemerintah Kabupaten Melawi, di ikuti puluhan off roader.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved