Citizen Reporter

Tunggangi Gajah, Menteri Agama RI Resmi Buka PIONIR VIII 2017 di Aceh

Menteri Agama RI beserta rombongan langsung disambut dengan prosesi pemotongan pita dan kemudian diarak dengan menunggangi gajah menuju tribun stadion

Tunggangi Gajah, Menteri Agama RI Resmi Buka PIONIR VIII 2017 di Aceh
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Gajah membawa Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam pembukaan PIONIR ke VIII Aceh 2017 

Citizen Reporter
Aspari Ismail
Kasubag TU Humas dan Rumah Tangga IAIN 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, ACEH - Kegiatan Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (PIONIR) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia yang ke VIII di Stadion Kampus UIN Arraniry Banda Aceh pada Rabu, 26 April 2017 resmi dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Setibanya di lokasi kegiatan, Menteri Agama RI beserta rombongan langsung disambut dengan prosesi pemotongan pita dan kemudian diarak dengan menunggangi gajah menuju tribun stadion. Hal ini menjadi keunikan tersendiri.

Penabuhan rebana oleh Menteri Lukman menandai dibukanya kegiatan ini secara resmi. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan berbagai macam tarian daerah dan teatrikal oleh 600 mahasiswa UIN Arraniry Banda Aceh.

Dalam sambutannya, Menteri Agama RI menyatakan bahwa PIONIR diharapkan mampu meningkatkan pembinaan keilmuan dan mencari mahasiswa unggul baik dalam prestasi akademik maupun keolahragaan, seni dan riset serta memperkuat silaturahim dan kerukunan antar mahasiswa se-Nusantara.

Baca: Rektor IAIN Pontianak Lepas 22 Atlet Berlaga di PIONIR PTKI ke-VIII

Ia berharap melalui even ini akan muncul olahragawan, seniman, dan peneliti-peneliti muda yang ahli di bidangnya sehingga dapat berkontribusi pada pembangunan bangsa dan negara kita.

Dalam perjalanannya, kegiatan PIONIR diselenggarakan oleh IAIN Raden Patah Palembang pada tahun 2002, IAIN Walisongo Semarang tahun 2004, IAIN Sunan Gunung Jati Bandung (sekarang UIN) tahun 2006, STAIN Pontianak (sekarang IAIN) tahun 2008, IAIN Watampne tahun 2010, IAIN Banten tahun 2013, IAIN Palu tahun 2015 dan UIN Aceh 2017.

Pada tahun ini UIN Arraniry Banda Aceh dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan PIONIR ke VIII yang akan berlangsung pada 26 April sampai dengan 1 Maret 2017.

Kegiatan ini diikuti oleh 3070 mahasiswa yang berasal dari 56 PTKIN seluruh Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Syahroni
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved