300 Unit Rumah Masuk Program Peningkatan Kualitas

Pertama, warga berpendapatan rendah. Kedua, punya rumah tetapi kondisi rumahnya tidak layak huni.

300 Unit Rumah Masuk Program Peningkatan Kualitas
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / RIZKY PRABOWO RAHINO
Kepala Bidang (Kabid) Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Marbuansyah, Rabu (12/4/2017) siang. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Pemkab Sintang akan memberikan bantuan stimulan peningkatan kualitas rumah bagi masyarakat Sintang. 

Jika tidak ada perubahan, bantuan bakal menyasar 300 unit rumah yang tersebar di lima desa asal empat kecamatan diantaranya Kecamatan Sintang, Kelam Permai, Ketungau Tengah dan Ketungau Hulu. 

Seperti diketahui, Rumah Layak Huni (RLH) masih jadi persoalan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) Kabupaten Sintang, terutama Rumah Tangga Miskin (RTSM). 

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Sintang menggaransi program akan jalan di tahun 2017. Ini merupakan bagian program Nawacita Presiden Jokowi.

"Ya, ada 300 unit rumah kalau tidak ada perubahan. Sebenarnya, bantuan itu ada dua yakni bantuan peningkatan kualitas dan bantuan pembangunan rumah baru," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Marbuansyah, Rabu (12/4/2017) siang. 

Marbuansyah menerangkan program stimulan bantuan rumah swadaya sifatnya bukan bantuan rumah, namun seperti bedah rumah. Penerimanya juga tidak semua rumah tangga, ada kriteria tersendiri. 

"Pertama, warga berpendapatan rendah. Kedua, punya rumah tetapi kondisi rumahnya tidak layak huni. Misalnya, dari aspek keselamatan struktur bangunan mau roboh. Dari aspek kesehatan, rumah itu terlalu kecil dengan jumlah penghuni ramai. Itu yang diprioritaskan," katanya. 

Pemerintah juga prioritaskan implementasi program pada desa atau kelurahan perbatasan dan tertinggal. Luasan rumah tergantung pada banyaknya jiwa pada keluarga tersebut. 

"9 meter persegi untuk satu jiwa. Tinggal dikali saja sesuai jiwanya. Nanti kami hanya beri bahan dan ngecek rumah itu kondisinya gimana. Secara aspek teknis kami yang merancang. Masyarakat yang bangun,” jelasnya.  

Halaman
12
Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved