Diprediksi Meningkat, Berikut Prospek Ekonomi Kalimantan

Dari sisi permintaan, ia mengatakan pertumbuhan akan disokong oleh perbaikan neraca perdagangan.

Diprediksi Meningkat, Berikut Prospek Ekonomi Kalimantan
TRIBUNPONTIANAK/MASKARTINI
Kunjungan Kerja Badan Anggaran DPR RI ke Provinsi Kalbar. 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Departemen Regional III BI, R Mirmansyah memproyeksi inflasi manerangkan pertumbuhan ekonomi Kalimantan tahun 2017 diperkirakan tumbuh sebesar 2,6%-3,0%, lebih tinggi dibandingkan tahun 2016 yang sebesar 2,0%.

Optimisme peningkatan ini kata Mirmansyah didorong oleh menguatnya kinerja konsumsi dan investasi serta kinerja ekspor luar negeri yang diperkirakan mampu bertumbuh positif setelah terkontraksi selama tiga tahun sebelumnya.

“Dari sisi penawaran, sektor pertambangan dan pertanian akan menjadi faktor utama akselerasi pertumbuhan yang didukung oleh turut meningkatnya kinerja sektor konstruksi perdagangan. Prospek pertumbuhan ekonomi Kalimantan 2017 2,6-3,0 % yoy,” ujar Mirmansyah pada Jumat (7/4/2017).

Baca: Pertumbuhan Ekonomi di 10 Provinsi di Indonesia Masih Melambat

Dari sisi permintaan, ia mengatakan pertumbuhan akan disokong oleh perbaikan neraca perdagangan.

Ekspor luar negeri terkait tambang dan pertanian kata dia diperkirakan meningkat seiring dengan perkembangan harga komoditas dan kinerja ekonomi global yang cenderung menguat pada tahun 2017.

Investasi juga menguat disisi pembangunan infrastruktur.

Perbaikan juga didukung oleh realisasi pengembangan industri hilir (hilirisasi SDA) serta penguatan infrastruktur daerah (belanja modal) terkait konektivitas misalnya proyek pelabuhan dan perbaikan jalan.

Perbaikan PAD juga turut menopang konsumsi pemerintah.

“Komitmen percepatan realisasi APBD akan didukung oleh perbaikan ekonomisecara umum sehingga PAD meningkat untuk menopang konsumsi. Konsumen juga optimis karena perbaikan sektor-sektor ekonomi utama akan menjaga tingkat pendapatan dan optimisme masyarakat secara umum,” ujarnya.

Mirmansyah mengatakan dari sisi penawaran terjadi perkembangan harga batubara yang berada dalam tren meningkat serta perbaikan ekonomi dunia akan menjadi insentif peningkatan produksi batubara Kalimantan pada 2017 dan menopang pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

“Normalnya perkiraan iklim tanpa anomali berlebihan serta upaya penguatan sarana dan prasaranan pertanian tabama(tanaman bahan makanan, padi, jagung, ubi) akan mendorong akselerasi produksi pertanian pada tahun 2017. Konsumsi dan investasi membaik sehingga memberikan dampak positifnya,” ujarnya.

Penulis: Maskartini
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved