Putra Terbaik Kalbar ini Ceritakan Pengalamannya Saat Test Menjadi Komisioner KPU RI

Viryan Aziz menuturkan, terpilihnya Ia menjadi Komisioner KPU RI genap enam bulan setelah memasukan formulir pendaftaran di Mendagri.

Putra Terbaik Kalbar ini Ceritakan Pengalamannya Saat Test Menjadi Komisioner KPU RI
TRIBUN PONTIANAK/HAMDAN DARSANI
Ketua Umum Kahmi Kota Pontianak, Viryan Aziz bersama dengan sejumlah Pengurus HMI Cabang Pontianak dan Alumni HMI menurunkan plang nama Sekretariat HMI Cabang Pontianak sebagai simbol perobohan sekretariat untuk dibangun kembali, Sabtu (20/9/2014). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridho Panji Pradana

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Satu di antara putra terbaik Kalbar Viryan Aziz, divisi perencanaan dan data KPU Provinsi Kalbar berhasil terpilih menjadi komisioner KPU RI secara voting oleh Komisi II DPR RI.

Viryan Aziz menuturkan, terpilihnya Ia menjadi Komisioner KPU RI genap enam bulan setelah memasukan formulir pendaftaran di Mendagri.

Baca: Terpilih Komisioner KPU RI, Ini Harapan Sang Istri ke Viryan Aziz

"Pertama-tama saya ucapkan, inalilahi dan dengan berikhtiar, dengan terpilihnya saya merupakan amanah walaupun tanggung jawab yang berat, dan suatu proses perjuangan," katanya, Rabu (05/04/2017) saat dihubungi Tribun Pontianak.

Ia mengatakan, proses seleksi yang dijalani genap enam bulan sejak mulai mendaftar di Mendagri RI.

Menurutnya awal tes dimulai dengan tes administrasi, setelah lolos dilanjutkan dengan tes tertulis, tes kesehatan sehingga mensisakan 36 orang dari seluruh Indonesia.

"Dari 36 orang, dilanjutkan tes berikutnya ada delapan tes dalam satu hari di Lemhanas dari pagi hingga malam haru full, mulai dari laptop, buat makalah, mengisi jawaban soal kebangsaan, wawancara personal dengan psikolog, dan LGD," ujar Viryan.

Menurutnya, saat tes lanjutan pada hari berikutnya, kembali dilanjutkan dengan tes kesehatan di RS Soebroto, wawancara terbuka dengan seluruh panitia yang disaksikan oleh seluruh masyarakat dan LSM, dan menyisakan 14 orang komisioner.

"Selanjutnya fit dan propertest atau uji kelayakan dan kepatuhan oleh komisi II DPR RI, dan alhamdulillah hasilnya saya satu diantara yang terpilih menjadi anggota komisioner KPU RI dengan 52 suara," katanya.

Halaman
12
Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved