Polisi Amankan Tersangka Pencuri Sarang Burung Walet di Sungai Pinyuh

Tersangka mengambil sarang burung walet tersebut dengan cara memanjat dinding dengan menggunakan kayu,

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / DHITA MUTIASARI
Tersangka pencurian sarang burung walet di Desa Galang Kecamatan Sungai Pinyuh saat diamankan di Polsek Sungai Pinyuh, Selasa (4/4/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Dhita Mutiasari

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH  - Lantaran terbukti melakukan tindak pidana pencurian sarang burung Walet, RS (35) akhirnya harus diamankan oleh aparat Polsek Sungai Pinyuh.

"Tersangka RS telah melakukan pencurian sarang burung Walet di di Rumah burung Walet milik Aban yang berada di Desa Galang Kecanatan Sungai Pinyuh," ujar Kapolsek Sungai Pinyuh, Kompol Agus Dwi Cahyono, Selasa (4/4/2017).

Warga beralamat RT 03 / RW 01 Desa Galang Kecamatan Sui Pinyuh Kabupaten Mempawah ini diketahui melakukan melakukan pencurian sarang burung walet bertempat di Rumah burung Walet milik Aban yang berada di Desa Galang Kecanatan Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah telah terjadi pencurian sarang burung walet Jumat (31/3) sekitar jam 12.00 WIB.

"Tersangka mengambil sarang burung walet tersebut dengan cara memanjat dinding dengan menggunakan kayu,"ujarnya.

Tak hanya itu, pelaku lantas menjebol dinding bangunan dengan menggunakan kapak.
Kemudian setelah dinding bangunan tersebut jebol lalu pelaku mengambil sarang burung walet yang ada didalam dengan menggunakan alat berupa jantar. "Maka akibat kejadian tersebut, korban mengalami kerugian sekitar Rp. 5 juta,"jelasnya.

Barang bukti yang diamankan dari tersangka pencurian sarang burung walet di Desa Galang Kecamatan Sungai Pinyuh,di Polsek Sungai Pinyuh, Selasa (4/4/2017).
Barang bukti yang diamankan dari tersangka pencurian sarang burung walet di Desa Galang Kecamatan Sungai Pinyuh,di Polsek Sungai Pinyuh, Selasa (4/4/2017).

Tak hanya mengamankan pelaku, aparat Polsek Sungai Pinyuh juga berhasil mengamankan 1 buah jantar alat untuk mencuri, 1 buah topi milik tersangka, 4 batang kayu yang dipergunakan oleh pelaku untuk memanjat, 1 buah kapak, 500 Gram sarang burung walet.

Mendatangi TKP dan melakukanm olah TKP, kemudian melakukan pemeriksaan para saksi, melakukan penangkapan dan Penahanan terhadap tersangka, melakukan penyitaan BB.

Lantas kemudian setelah dilakukan penangkapan terhadap pelaku pencurian sarang burung walet tersangka RS (35 ), Kapolsek Sungai Pinyuh bersama anggota melaksanakan rekontruksi pencurian sarang burung walet.

"Maksud dilakukannya rekontruksi ini untuk mengetahui bagaimana cara pelaku melakukan aksinya,"jelasnya.

Dengan pengawalan ketat petugas pelaku melakukan tahap demi tahap pada saat melakukan pencurian , dari pelaku, kemudaan disitanya berbagai macam alat diantaranya kayu, kampak, kayu panjang , dan pelaku memperagakan dengan menggunakan alat tersebut.

"Setelah melakukan rekontruksi di gedung sarang walet milik Aban ini, pelaku langsung dibawa kembali ke Mapolsek sungai pinyuh untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut,"tambahnya. 

Penulis: Dhita Mutiasari
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved