‎Mobil Offroad Terbang di Latber IOF Peniraman Mountain

‎Sejumlah mobil off road baik kendaraan type standart pabrikan hingga kendaraan type custom ini mencoba menaklukan rute-rute dalam Spescial....

Penulis: Hadi Sudirmansyah | Editor: Mirna Tribun
TRIBUNPONTIANAK/HADI SUDRIMANSYAH
Puluhan Off Roader Kalbar ikuti Latihan bersama dan Touring Night Adventure Peniraman Mountain 2017 pada Sabtu (1/4/2017) dan Minggu (2/4) di kecamatan Sungai Pinyuh. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hadi Sudirmansyah 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Puluhan Off Roader Kalbar ikuti Latihan bersama dan Touring Night Adventure Peniraman Mountain 2017 pada Sabtu dan Minggu (1-2/4) di kecamatan Sungai Pinyuh.

‎Kegiatan yang atas kerjasama Pengda IOF Kalbar, Pengcab IOF Mempawah serta Yonkav 12/ Beruang Cakti ini di awali dengan latihan bersama Off Roader Kalbar pada Sabtu (1/4/2017) pagi hingga siang ini dan kemudian pada Sabtu malam dilanjutkan dengan Touring Night Adventure Peniraman Mountain.

‎Sejumlah mobil off road baik kendaraan type standart pabrikan hingga kendaraan type custom ini mencoba menaklukan rute-rute dalam Spescial Competition Stage (SCS) yang di buat oleh panitia Latber.

Dalam Latihan bersama yang kedua kalinya ini yang di ikuti off-roader seniour dan pemula ini, Panitia menyuguhkan 6 SCS yang lebih menantang dari sebelumnya, dari rute yang merayap di kaki tebing, kemiringan hingga rute yang melintasi kawasan danau kering.

Setelah latihan resmi ini, kemudian off roader melanjutkan kegiatan selanjutnya yakni Touring Night Adventur Peniraman Mountain, yakni melakukan Touring yang diawali dari kawasan pegunungan Peniraman, melintasi hutan pada malam hari dan selesai pada Minggu (2/4) dini hari.

Dalam latihan bersama, tak sedikit mobil off-roader yang bertenaga besar ini ‎harus terbang melompat dan bahkan terguling-guling saat harus melewati tantangan SCS.

Foto Bersama - Prajurit Yonkav 12 BC dengan ketua Pengda IOF Kalbar Adrianus AS.
Foto Bersama - Prajurit Yonkav 12 BC dengan ketua Pengda IOF Kalbar Adrianus AS. TRIBUNPONTIANAK/HADI SUDRIMANSYAH

Dalam kegiatan ini tampak diikuti selain ketua Pengda IOF Kalbar Adrianus AS, Ketua Pengcab IOF Mempawah ‎Munir Putra, serta beberapa off roader seniour dan pemula seperti Mario Vicardo Raza, Bian, Didit, Sugeng, Wahyu Nugroho dan beberapa off roader dari Sanggau, Singkawang, Sui Pinyuh dan kota Pontianak.

Kegiatan yang di hadiri langsung oleh Komandan Batalyon Kavaleri (Yonkav) 12 Beruang Cakti Letkol Kav Jamian bersama jajaran Prajurit Yonkav 12 BC sebagai bentuk dukungan pihaknya yang menilai latihan bersama offroad ini merupakan kegiatan yang sangat positif dalam menyalurkan bakat dan hobi.

"Terlebih dalam kegiatan tersebut secara terus menerus dan berulang-ulang di ingatkan kembali sosialisasi safety riding, karena pembalap yang baik itu akan selalu mengingat pentingnya safety riding, menyalurkan hobi dan bakat saat di sirkuit bukan di jalanan,"kata Letkol Kav Jamian.

Pada kesempatan yang sama, Dan Yonkav 12 BC ini juga mengatakan pihaknya senantiasa akan berikan dukungan kepada IOF‎ terutama kegiatan yang di selenggarakan terlebih kegiatan yang sifatnya turnament.

"Ini bagian dari Bina Teritorial Yonkav 12/BC untuk masyarakat, terutama masyarakat pengemar olahraga balap mobil ataupun pencinta otomotif, terlebih nanti kalbar akan menjadi tuan rumah seri II Kejurnas IOF, kita siap berikan dukungan,"tegasnya.

Ketua Pengda IOF Kalbar Adrianus AS yang turut serta dalam kegiatan latihan bersama ini mengatakan kegiatan ini bukan hanya sekedar untuk berkumpul para off-roader dalam rangka mempererat silahturahmi.

"Tetapi juga menjadi ajang latihan untuk meningkatkan skill individu dalam balap, terlebih kita (Kalbar) di rencanakan akan menjadi tuan rumah kejurnas seri II, tetapi kita juga harus mempersiapkan diri,"kata Mantan Bupati Landak dua periode ini.

Ia menjelaskan dalam latihan bersama ini, memang terdiri ada beberapa kelas yakni standar dan custom, namun kali ini pihaknya lebih mengutamakan skill dan teknik off roader saat berkendara dan membaca medan yang akan di taklukan.

"Contohnya bagaimana dia menaklukan SCS itu, bagaimana cara dia berkendara akan dengan cepat dan waktu yang singkat serta bagaimana juga dia tidak jatuh saat berkendaraa, tapi yang lebih penting ia tak lupa dengan safety riding‎nya, helm, sabuk pengaman, sarung tangan dan sepatu sebagai kelengkapan, maka bisa di katakan latihan bersama ini sudah semi kompetisi," katanya didampingi Ketua Pengcab IOF Mempawah Munir Putra.

Kemudian rencana kegiatan IOF pada tahun 2017 ini selain mengirimkan off roader untuk mengikuti kegiatan Bhayangkara Off Road di Bontang Kaltim, juga akan menggelar Merdeka Off Road, Persiapan Kejurnas Seri II IOF dan Touring ke kawasan perbatasan lanjutan IOF Tapal Batas.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved