Pemkab Mempawah Bahas Potensi Wisata Air Terjun Sambora

Terutama dalam upaya meningkatkan budaya mereka, kita akan lakukan itu apalagi ini juga ada kaitannya dengan pendidikan.

Penulis: Dhita Mutiasari | Editor: Rizky Zulham
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/DHITA MUTIASARI
Kadisdikpora Kabupaten Mempawah Firman Juli Purnama (kanan) dan Kabid Pariwisata Disdikpora Kabupaten Mempawah Nanik Syawitri (kiri) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Dhita Mutiasari

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Menanggapi adanya keinginan sejumlah masyarakat Desa Sambora yang berharap adanya sentuhan pemerintah dalam pengelolaan wisata air terjun Desa Sambora di Kecamatan Toho Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat terutama akses jalan, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Mempawah Firman Juli Purnama mengatakan sesuai arahan Bupati Mempawah pihaknya akan menggandeng sejumlah instansi terkait dalam rencana pengelolaannya.

"Kemarin pak Bupati saat penutupan kegiatan Gema Bina Membangun Desa (GBBD) rencananya akan meninjau langsung," ujarnya kepada Tribun, Rabu (29/3/2017).

Dengan menggandeng instansi terkait seperti Dinas PU dan sebagainya dimaksudkan dapat melihat secara langsung kondisi dan lokasi wisata air terjun Sambora ini.

"Sehingga dengan demikian, dapat dilihat langsung kondisinya seperti apa,"ujarnya.

Namun ia mengatakan hal ini tentu sudah sampai ke Bupati Mempawah Ria Norsan dan tentu akan menjadi pembahasan.

Baca: Air Terjun Sambora Suguhkan Keindahan Alami

Terlebih ia sendiri sudah mendengar langsung dari masyarakat desa terkait potensi yang dimiliki masyarakat Desa Sambora dengan keberadaan air terjun bertingkat ini saat dilakukan kegiatan Gema Bina Membangun Desa (GBBD) belum lama ini.

"Kita tunggu lagi arahan bupatilah,"ujarnya.

Namun ia mengatakan, bagaimanapun tidak hanya dari potensi wisata saja, melainkan dari potensi keragaman buidaya dan kesenian yang dimiliki masyarakat Desa ini tentu akan menjadi perhatian.

"Terutama dalam upaya meningkatkan budaya mereka, kita akan lakukan itu apalagi ini juga ada kaitannya dengan pendidikan,"ujarnya.

Ditambahkan Kabid Pariwisata Disdikpora Kabupaten Mempawah Nanik Sawitri bahwa ia menilai kondisi kealamian air terjun Sambora ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang berjiwa petualang.

"Justru dengan jalan alami seperti ini adalah daya tarik tersendiri karena bisa menjadi alternatif wisata petualangan atau adventure,"ujarnya.

Bahkan jika perlu dilakukan pengelolaan, ia menilai yang terutama adalah tangga menuju antar tingkatan air terjun yang sangat ekstrem.

"Kalau saya pikir dari air terjun pertama ke empat itu aksesnya sangat sakit perlu dikasih tangga oleh dinas PU, "ujarnya.

Namun dikatakan Nanik apa yang dimiliki Desa Sambora saat ini dengan keberadaan air terjunnya sudah memberikan alternatif wisata alam yang luar biasa di Kabupaten Mempawah terutama dengan kondisinya yang masih alami dan asri.

"Tapi kalau akses, saya senang dengan jalan seperti itu, justru itu daya tarik dan suka cita kita kita,"ujarnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved