Asal Muasal Kerajaan Kerta Moelia, Ini Penuturan Sy Syahril

Hingga kerajaan Kerta Moelia ini terbentuk, barulah label kerjaan ini muncul.

Asal Muasal Kerajaan Kerta Moelia, Ini Penuturan Sy Syahril
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / MADROSID
Cucu raja ke enam Raja Kubu, Sy. Syahril 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Madrosid

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Cucu Raja Kubu ke enam Sy Syahril Bin Sy Usman Bin Sy. Abbas Bin Hasan Bin Abdurrahman Bin Idrus, mengisahkan asal usul kerjaan Kerta Moelia di Teluk Pakedai berasal dari kerjaan Kubu. Saat Abdurrahman Bin Idrus menjadi raja pertama kala itu.

Menurut Syahril, pihak Belanda selalu turut campur dalam urusan kerajaan sehingga membuat suasana istana Kubu tidak kondosif. 

Untuk meredam itulah, para penggawa kerjaan mulai memecahkan diri menjadi Raja Kerta Moelia dan Kerjaan Ambawang.

Hingga waktu itu, Raja Sy Abbas Bin Hasan meminta Raja Kerta Moelia ini untuk pergi dari istana Kubu.

“Waktu itu, kakeknya saya mengusir perintis kerjaan Kerta Moelia pertama yaitu Sy Zein. Alasannya karena istrinya sudah meninggal serta menyampaikan bahwa istana Kubu merupakan miliknya. Jika Sy Zein ingin menjadi raja maka harus membuat wilayah sendiri,” ujarnya.

Untuk itulah, Sy Zein pergi ke Teluk Pakedai membuat kerjaan Kerta Moelia, sementara Sy Abbas masih tetap meneruskan pengaruhnya di istana Kubu. Perpecahan ini terjadi sekitar tahun 1911. Dimana saat raja keenam Kubu Syarif Abbas ini diberhentikan oleh Belanda tepatnya 7 juni 1911.

“Hingga kerajaan Kerta Moelia ini terbentuk, barulah label kerjaan ini muncul. Masyarakat menyebutkan bahwa Kerjaan Kerta Moelia ini merupakan kerjaan Kubu. Meskipun untuk raja Kubu ini sampai ke enam tinggal Kubu, baru pada raja ke tujuh ke Kerta Moelia dan sampai saat ini masih dikenal sebagai kerjaan Kubu,” jelasnya.

Penulis: Madrosid
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved