Public Service

Cara Membuat Kartu Indonesia Sehat

Selanjutnya, calon peserta mengisi formulir dengan melampirkan KTP/KK dan pas foto warna 3x4 masing-masing satu lembar, dan menandatangani surat....

TRIBUNNEWS.COM
Ilustrasi 

Selamat malam bun, bagaimana cara membuat Kartu Indonesia Sehat (KIS)? Apakah kartu tersebut hanya diperuntukan bagi warga kurang mampu, Serta apa fungsi dan kegunaanya, terima kasih.
085752276xxx

Jawaban: 

Program KIS merupakan program dari Kementrian Sosial bagi masyarakat yang tidak mampu agar mendapatkan pelayanan kesehatan.

Untuk proses pendaftaran, bisa dilakukan di kantor BPJS Kesehatan di mana saja.

Baca: Presiden Jokowi Bagikan Kartu Ajaib Pada Warga Kapuas Hulu

Tetapi, alamat domisili peserta serta pemilihan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) disesuaikan alamat pada data pendukung (KTP/KK/surat keterangan domisili).

Selanjutnya, calon peserta mengisi formulir dengan melampirkan KTP/KK dan pas foto warna 3x4 masing-masing satu lembar, dan menandatangani surat pernyataan.

Bagi Masyarakat yang telah memiliki KIS dapat langsung membawa kartu tersebut ketika akan berobat di Puskesmas ketika yang bersangkutan membutuhkan pelayanan.

Penerima KIS di Pontianak berjumlah berkisar 93 ribu jiwa.

Agar penerima KIS tepat sasaran dan efektif digunakan dilakukan proses pemutakhiran data dan validasi data terhadap penerima.

Karena kemungkinan terdapat penduduk yang meninggal ataupun pindah domisili dari Kota Pontianak.

Dinsos Kota Pontianak bersama dengan seluruh pihak yang berkompeten dalam waktu dekat akan melakukan pemutakhiran data penerima KIS.

Sumber: Aswin, Kadis Sosial Kota Pontianak

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved