Rusman Ali Ambil Sumpah 1700 PNS di Kubu Raya

Pengambilan sumpah dan janji dilaksanakan oleh Bupati Kubu Raya Rusman Ali, di halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Jumat (17/3/2017).

Rusman Ali Ambil Sumpah 1700 PNS di Kubu Raya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MADROSID
Bupati Rusman Ali menandatangani pernyataan sumpah dan janji sebanyak 1700 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kubu Raya, di Halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Jumat (17/3/2017). 

Laporan Wartawan Trubun Pontianak, Madrosid

TRIBUNPONTIANAK CO.ID, KUBU RAYA - Sebanyak 1700 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Kubu Raya melaksanakan sumpah janji sebagai abdi negara. Untuk mengemban tugas dan tulanggung jawab.

Pengambilan sumpah dan janji dilaksanakan oleh Bupati Kubu Raya Rusman Ali, di halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Jumat (17/3/2017).

Seluruh abdi negara, mengawali sumpah dengan pelaksanaan upacara. Serta pengambilan sumpah dan janji dari bupati Kubu Raya. Sumpah dan janji wajib bagi setiap ASN yang belum pernah melaksanakan. Pelaksanannya juga tertuang dalam surat pernyataan.

"Sumpah dan janji ini, bertujuan agar seluruh ASN kita menjadi pribadi yang profesional. Jujur dan melaksanakan tugas sesuai aturannya," kata bupati dalam sambutannya. Acara dihadiri pula dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus, Plt.Sekda Kubu Raya Odang Prasetyo, Kepala SKPD dan Camat seluruh Kubu Raya.

Baca: Suasana Pengambilan Sumpah 1700 ASN di Kantor Bupati Kubu Raya

Untuk itu, bupati berpesan kepada seluruh PNS di Kubu Raya harus mempunyai karakter kepahlawanan. Karena karakter tersebut memiliki daya hidup yang luar biasa dalam menghadapi berbagai rintangan dan penderitaan.

‘’Namun saya yakin dan percaya bahwa sahabat-sahabat sekalian adalah sumber daya manusia yang terdidik, terlatih dan memiliki tanggung jawab yang penuh terhadap pekerjaan. Apalagi sebagaimana kita ketahui bersama, saudara-saudari bukanlah orang baru dalam melaksanakan tugas ini, karena sebelumnya telah mengabdikan diri di Kabupaten Kubu Raya dengan segala tugas dan tanggung jawab masing-masing,’’ tutur Bupati.

Dalam pengambilan sumpah/janji yang telah diucapkan tersebut merupakan sebuah amanah dan kepercayaan yang diberikan. Tidak hanya dari Pemerintah, namun juga merupakan amanah dan kepercayaan dari masyarakat.

"Kepada para PNS yang baru melaksanakan sumpah dan janji untuk menjalankan amanah dan kepercayaan tersebut dengan sebaik-sebaiknya," katanya.

Selain itu, sebagai abdi masyarakat, ASN tentunya harus peka dan tanggap terhadap setiap persoalan yang timbul di masyarakat.

Sikap dan tingkah laku seorang ASN menjadi cerminan di masyarakat serta menjadi aparatur dalm menjalankan pemerintahan dan pembangunan saat ini.

"Seluruh ASN Kubu Raya teruslah bekerja dan bekerja serta melakukan inovasi-inovasi baru bagi perbaikan pelayanan kepada masyarakat," paparnya.

Karena untuk menjadi abdi Negara, seorang ASN harus memiliki komitmen yang kuat dalam rangka mendukung usaha pemerintah mendorong terciptanya good governance, yang diimplementasikan melalui sikap dan tindakan nyata yang dimulai dari diri masing-masing untuk menjauhi segala macam bentuk perbuatan dan tindakan yang menyalahi aturan-aturan yang berlaku.

‘’Ada beberapa tuntutan masyarakat yang harus mampu dipenuhi oleh setiap aparat Pemerintah. Yaitu bekerja dengan jujur, terbuka atau transparan, demokratis, penuh perhatian kepada masyarakat, dan bebas dari KKN. Dengan kata lain, aparat pemerintah harus mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, tanpa pilih kasih,’’ pungkasnya.

Penulis: Madrosid
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved