Maksimalkan Potensi PAD, Dishub Sintang Akan Garap Lahan Parkir Baru

Kurangnya lahan parkir ditenggarai jadi sebab utama target realisasi retribusi parkir tahun 2016 tidak tercapai.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIZKY PRABOWO RAHINO
Seorang petugas parkir sedang bertugas menata kendaraan di Jalan Jenderal Sudirman Sintang, Selasa (7/3/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG – Guna memaksimalkan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) bersumber dari retribusi parkir, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sintang akan menggarap lahan-lahan parkir baru.

Kurangnya lahan parkir ditenggarai jadi sebab utama target realisasi retribusi parkir tahun 2016 tidak tercapai. Dari target Rp 530 juta, Dinas Perhubungan hanya mampu mencapai 75 persen.

“Tahun 2017 ini memang akan digenjot terkait retribusi parkir,” ungkapnya, Selasa (7/3/2017).

Beberapa lahan parkir baru yang akan digarap diantaranya Halaman Pasar Raya Sintang dan Terminal Tanjung Puri Sintang.

“Untuk Terminal, sebelumnya menjadi lokasi kios-kios pedagang. Jadi tidak bisa digunakan. Tapi tahun ini akan kita fungsikan lagi. Selain tetap menggarap lahan parkir yang sudah ada sebelumnya,” imbuhnya.

Baca: Bupati Minta Pengurus BAZNAS Sintang Tekankan Profesionalisme

Hatta menegaskan lahan parkir di pusat Kabupaten Sintang adalah resmi dan tertera dalam Surat Keputusan (SK) Bupati. Berdasarkan Peraturan Daerah (Perda), tarif parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 1.000. Sedangkan, tarif parkir kendaraan roda empat sebesar Rp 2.000.

Selain kurangnya lahan parkir, sistem target setor Rp 10 ribu per blok lahan parkir yang diterapkan selama ini tidak optimal. Sistem terpaksa dilakukan sebagai konsekuensi ketidakmampuan menggaji tukang parkir yang semuanya merupakan pekerja harian lepas.

“Masyarakat yang tidak mau bayar parkir juga jadi kendala realisasi retribusi. Tapi walaupun ada kendala, kami tetap berusaha mencapai target PAD retribusi parkir tahun 2017,” tukasnya.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved