Berita Video

Saring Cakades, 8 Desa Laksanakan Seleksi Tertulis

Dari 20 desa yang akan melaksanakan pilkades, 8 desa diantaranya dimulai dengan tahapan seleksi tertulis.

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Dhita Mutiasari

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Tahapan pilkades serentak di Kabupaten Mempawah sudah dimulai dengan dilaksanakannya seleksi tertulis terhadap sejumlah bakal calon kepala desa (bacakades) yang akan mengikuti tahapan pilkades, Senin (6/3/2017).

Dari 20 desa yang akan melaksanakan pilkades, 8 desa diantaranya dimulai dengan tahapan seleksi tertulis lantaran memiliki bakal calon kades lebih dari 5 orang.

Sejumlah bakal calon kades saat mengikuti seleksi tertulis calon kepala desa di Desa Sejegi Kecamatan Mempawah Timur, Senin (6/3/2017).
Sejumlah bakal calon kades saat mengikuti seleksi tertulis calon kepala desa di Desa Sejegi Kecamatan Mempawah Timur, Senin (6/3/2017). (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/DHITA MUTIASARI)

Adapun masing-masing desa yang melaksanakan seleksi tertulis calon pilkades ini diantaranya Desa Pak Laheng kecamatan Toho, Desa Sungai Bundung Laut Kecamatan Sungai Kunyit, Desa Anjongan Dalam Kecamatan Anjongan, Desa Sejegi Kecamatan Mempawah Timur, Desa Sui Kunyit Dalam Kecamatan Sungai Kunyit, Dea Peniti Dalam II Kecamatan Segedong, Desa Pasir Kecamatan Mempawah Hilir dan Desa Peniram Kecamatan Sungai Pinyuh.

Baca: Pesona Resepsi Nikah di Pantai Kijing Mempawah, Lihat Foto-fotonya

Seperti yang terlihat di Desa Sejegi Kecamatan Mempawah Timur, ada 7 bakal calon kepala desa yang mengikuti seleksi tertulis calon kepala desa yang dilaksanakan oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Kabupaten Mempawah.

"Karena calon Kades ini lebih dari 5 orang, sehingga mereka harus dilakukan seleksi tertulis, sesuai aturan yang ada,"ujar petugas PPKD Kabupaten Juli Suryadi Burdadi, kepada wartawan, disela-sela seleksi yang dilaksanakan di kantor Desa Sejegi, Senin (6/3).

Namun dikatakannya jika bakal calon kepala desa ini dibawah 5 orang tidak perlu dilaksanakan seleksi tertulis lantaran sudah memenuhi syarat maksimal jumlah cakades.

Sementara untuk pelaksanaan pilkades serentak ini akan dilaksanakan tanggal 9 Mei mendatang dengan sistem e-voting.

Untuk mekanisme seleksi tertulis ini, dikatakanya Juli berisi pertanyaan berbentuk multiple choice dengan jumlah 50 soal dengan masa pengisian 90 menit.

Halaman
12
Penulis: Dhita Mutiasari
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved