Belum Cerai Pasangan Sudah Menikah

Lebih jelas terdapat tahapan-tahapan sebelumnya akhirnya diputuskan oleh hakim.

SHUTTERSTOCK
Ilustrasi menikah 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan Darsani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Bun. Tolong tanyakan ke Pengadilan Agama, apakah persidangan cerai dapat terlaksana apabila salah satu pihak dari suami atau istri tidak menyetujui atau belum ada keputusan cerai.

Jika salah satu pihak suami atau istri menikah lagi sedangkan belum ada keputusan cerai dari Pengadilan Agama, apakah dapat dituntut?
081522654xxx

Pasangan Bisa Dituntut Hukum Pidana
Jika satu di antara suami dan istri yang akan bercerai tidak menyetujui atau tidak hadir pada persidangan, jalannya persidangan akan tetap berjalan. Akan tetapi, selanjutnya pengadilan akan melihat terlebih dahulu surat pemanggilan yang telah dilakukan.

Petugas Pengadilan Agama nanti akan melakukan komunikasi lebih lanjut dengan yang bersangkutan agar hadir pada persidangan. Lebih jelas terdapat tahapan-tahapan sebelumnya akhirnya diputuskan oleh hakim.

Jika terdapat suami dan istri yang belum putus dan resmi bercerai. Andaikata istri menikah lagi, artinya itu sebagai poliandri. Apabila itu dilakukan yang bersangkutan bisa dituntut hukum pidana. Sementara untuk suami juga tidak bisa menikah kembali karena tidak ada persetujuan dari istri.

Jika terdapat pasangan suami istri yang masih menjalani sidang perceraian. Kemudian menikah lagi, bisa dilaporkan ke polisi dengan catatan menggumpulkan seluruh alat bukti yang mendukung.

Abang Muhammad Hasbi
Panitera Pengadilan Agama Pontianak

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved