‎Resmob Polda Kalbar Tembak Dua Tersangka Sindikat Curas Sanggau

Ada dua laporan polisi yang masuk di wilayah Polres Sanggau, kemudian kita di Polda Kalbar turut memberikan dukungan

‎Resmob Polda Kalbar Tembak Dua Tersangka Sindikat Curas Sanggau
ISTIMEWA
Tersangka sindikat uras sanggau saat di rawat di RS Bhayangkara Biddokes Polda Kalbar. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hadi Sudirmansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Anggota Resmob Dit Reskrimum Polda Kalbar berhasil meringkus lima tersangka sindikat pencurian dengan kekerasan dan satu pelaku penadah hasil tindak kejahatan pada Kamis (23/2/2017) malam sekitar pukul 23.00 WIB di Kecamatan Pontianak Timur.

Lima tersangka utama, dua terpaksa di lumpuhkan dengan timah panas oleh anggota Resmob Polda Kalbar, karena berusaha melawan saat akan di ringkus yakni Ferdi dan Helmi.

Direktur Reskrimum Polda Kalbar Kombes Pol Krisnandi menuturkan yang diamankan oleh anggota Resmob Polda Kalbar tersebut merupakan sindikat tindak kriminal pencurian dengan kekerasan.

"Ada dua laporan polisi yang masuk di wilayah Polres Sanggau, kemudian kita di Polda Kalbar turut memberikan dukungan, dan termonitor oleh anggota Resmob yang berada di Lapangan, dan segera di lakukan lidik lapangan,"ungkap Krisnandi, Jumat (24/2/2017)

Dikatakannya,  dua LP tindak pidana curas tersebut dengan kerugian materi sekitar Rp 10 juta, yakni berupa beberapa unit HP Smart Phone, Tablet dan Laptop yang pelaku ambil pada siang hari di Sanggau. "Mereka juga tak segan melukai korban saat beraksi, satu warga Sanggau menjadi korban sabetan benda tajam mereka saat melancarkan aksinya,"katanya.

Dua Tersangka sindikat curas sanggau saat di RS Bhayangkara Biddokes Polda Kalbar.
Dua Tersangka sindikat curas sanggau saat di RS Bhayangkara Biddokes Polda Kalbar. (ISTIMEWA)

Krisnandi menuturkan dari lima tersangka curas ini dua orang yang masih katagori anak bawah umur dan bahkan masih duduk di bangku kelas IX (3) SMP serta satunya lagi usianya 17 tahun lebih.

" Diamankannya sindikat curas ini ketika Ditreskrimum Polda Kalbar menerima informasi adanya terjadi tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas) di wilkum Polres Sanggau, setelah dilakukan koordinasi dengan Polres sanggau di peroleh sejumlah keterangan mengenai ciri-ciri mobil yg digunakan oleh pelaku dan tak berselang beberapa kemudian di peroleh informasi bahwa ciri-ciri mobil, ciri2 pelaku dan hp tersebut termonitor berada di jl. Veteran gang syukur 6 kec.pontianak selatan," tambahnya.

Anggota Resmob pun melakukan pengrebekan ke mobil tersebut dan di amankan 4 orang yang ada di dalamnya yang diantaranya ada dua orang yakni Agus dan Ferdi.

"Berdasarkan keterangan Ferdi dan Agus ini mereka mengakui telah melakukan pencurian di wilayah Sanggau yang di lakukan bersama tiga orang rekannya yang saat itu berada di rumah tersangka Helmi,"katanya.

Kemudian anggota Resmob pun langsung melakukan penyisiran rumah Helmi, saat di grebek, berhasil di amankanHelmi dan dua tersangka lain yakni RK dan FJ yang masih bawah umur serta seorang pelaku penadah yakni Wawan.

Dari 5 tersangka curas dan satu penadah,  anggota lapangan berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 unit laptop merk asus, 1 unit samsung tab, 1 unit hp asus, 1 unit hp samsung ace, 1 unit hp advan dan 1 buah kamera canon.

"Tak hanya itu, dari para pelaku ini juga di amankan senjata tajam berupa pisau sepanjang 30 cm, satu unit sepeda motor honda beat dan satu unit mobil toyota avanza, saat ini para tersangka berikut barang bukti sudah di limpahkan ke Polres Sanggau untuk di proses lebih lanjut,"kata Dir Reskrimsus.

Para tersangka, lanjut dia  akan di jerat pasal 365 KUHP dengan ancaman pidana penjara 9 tahun. "Untuk tersangka yang bawah umur, nanti penyidikan akan meminta petugas Bapas untuk pendampingan,"pungkasnya.

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved