Tanpa Bibit dan Pupuk, Rebbo:Pertanian tidak Akan Berjalan

Jika hanya dibiarkan, petani akan sangat kesulitan sekali untuk meningkatkan pertaniannya.

Tanpa Bibit dan Pupuk, Rebbo:Pertanian tidak Akan Berjalan
TRIBUNPONTIANAK/SYAHRONI
Menteri pertanian dan Gubernur Kalbar saat menanam padi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Madrosid 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Koordinator Kelompok Tani, Rebbo mengatakan pertanian paling utama adalah masalah benih dan pupuk.

Menurut dia, upaya dari pemerintah untuk terus meningkatakan penyupaian benih itu sangat baik sekali.

"Kita selama ini memang kesulitan masalah benih dan pupuk. Selama ini selalu menjadi kendala untuk melaksanakan pertanian dengan baik," ujarnya. Minggu (25/12/2016).

Baca: Dinas Pertanian Bentuk Desa Mandiri Benih

Tanpa ada keduanya, lanjut Rebbo pertanian tidak akan berjalan. Jika hanya dibiarkan, petani akan sangat kesulitan sekali untuk meningkatkan pertaniannya.

"Makanya dorongan pemerintah dengan menyikapi pembenihan sangat tepat, serta didukung dengan ketersediaan pupuk yang memadai, diyakini akan mampu meningkatkan pertanian dengan cepat," tuturnya.

Rebbo meminta pemerintah bisa menyediakan bibit yang baik, agar hasil produksi padi bisa meningkatkan. Petani di Kubu Raya merupakan petani tradisonal, tidak memiliki kemampuan untuk mencari benih yang handal.

"Memang masyarakat sejak dahulu telah melaksanakan pertanian sendiri, namun seiring perkembangan zaman, dengan semakin berkurangnya lahan dan nutrsisi tanah yang mulai berkurang, tentunya bibit yang baik diperlukan sekali," pungkasnya. 

Penulis: Madrosid
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved