Waspada Kejahatan Jalanan

Kapolresta Pontianak, Kombes Iwan Imam Susilo, memastikan pihaknya akan menindak lanjuti keluhan masyarakat.

Waspada Kejahatan Jalanan
ISTIMEWA
Postingan Mustika di akaun Facebooknya, serta menampilkan korban yang jambret yang masih menjalani perawatan di Rumah Sakit di Pontianak, Selasa (13/12/12016) 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Kejahatanan jalan akhir-akhir ini di Pontianak cukup memprihatinkan. Terbaru, satu di antara korbannya adalah Meliana Glora (25), yang dijambret di Jalan Sulawesi, Senin (12/12/2016) lalu.

Pemilik akun Facebook, Mustika Novliana, yang juga teman korban memposting saat Meliana Glora terbaring lemah di rumah sakit dan menjalani pengobatan. Kejahatanan jalanan tersebut menyebabkan Meliana kehilangan tas beserta isinya dan laptop. Kejadian itu terang saja membuat karyawan PT Bestprofit Futues Pontianak ini trauma

Tak hanya mengincar perempuan, jambret dan begal lainnya ternyata juga bisa menyerang laki-laki. Satu di antara korbannya adalah Fahrizal. Ia dibegal dua orang berbadan besar menggunakan Yamaha RX King di Jalan Pak Benceng, Kota Baru, Rabu (7/12).

Saat itu Fahrizal sedang jalan kaki. Tiba-tiba ada dua orang menggunakan sepeda motor Yamaha RX King tidak dikenal menyuruh dia menepi. Dua orang tersebut meminta barang bawaan Fahrizal. Korban digeledah para begal, namun ia memberikan perlawanan. Alhasil Fahrizal ditusuk di perut menggunakan pisau. ia juga disayat di lengan kiri.

Warga Jakarta ini berteriak minta pertolongan warga sekitar. Namun warga sepertinya takut karena pelaku membawa pisau. Setelah kejadian pembegalan barulah ada yang menolong Fahrizal.

Aksi penjambretan juga terjadi di Jl Daya Nasional, Kompleks Universitas Tanjungpura, Senin (5/12). Tak jauh dari Gedung Magister Ilmu Hukum dan Resto Pegasus. Dua lelaki tas milik seorang mahsiswi.

Kedua penjambret tersebut menggunakan sepeda motor Mio Merah. Pria yang dibonceng mengenakan kaus oblong warna putih dan berbadan agak tambun. Aksi keduanya sempat dikejar warga, namun kehilangan jejak.

Selama bulan November 2016 juga cukup banyak aksi kejahatanan jalanan. Misalnya pada 7 November, pukul 15.30 WIB, iPhone milik Atika Shafira Dewi (17) dirampas saat ia sedang menelepon sambil bawa motor. Kejadian yang menimpa pelajar tersebut terjadi di Bundaran Jl Reformasi, Pontianak Tenggara. Pada 10 November 2016, pukul 11.50 jambret merampas satu kantong plastik yang berisi uang tunai Rp 212.942.500 milik IAIN Pontianak.

Saat itu uang dibawa Reka Kurniawati SE (30), kejadian di dekat Kampus IAIN, Jl Suprapto, Pontianak Selatan.
Pada 17 November 2016, pukul 11.00 kejadian di Gg Beringin, Tanjung Hulu, tersangka merampas tas Susilawati (24). Tersangka mengacungkan sajam, uang tunai Rp 5.000.000 berhasil digondol maling.

Selanjutnya pada 18 November 2016, Pukul 01.00, Nicholas Feka (31) menjadi korban. Tersangka berjumlah 2 orang menggunakan sajam mengambil 1 dompet berisi uang Rp 800.000. Kejadian tersebut di perempatan lampu merah Jl Pahlawan, Pontianak Selatan.

Pada 27 November 2016, pukul 20.00, sepeda motor Sarina (37) dirampas. Kejadiannya tak jauh dari SPBU Kodam, Jl Alianyang, Kubu Raya.

Polisi tentu saja bereaksi atas kasus-kasus tersebut. Kapolresta Pontianak, Kombes Iwan Imam Susilo, memastikan pihaknya akan menindak lanjuti keluhan masyarakat.

Ketua DPRD Kota Pontianak, Satarudin, meminta semua pihak agar lebih waspada, Kejahatanan jalanan menurut dia merupakan ancaman serius bagi kemanan dan kenyamanan warga.

Sementara Pengamat Sosial FISIP Untan, Dra Endang Indri Listiani MSi, menggugat kepekaan masyarakat sekitar terhadap lingkungan. Ia mengatakan pelaku tindak kejahatan umumnya dilakukan orang-orang tak dapat perhatian, seperti anak-anak muda yang kurang mendapat kontrol dari keluarga dan juga tak memiliki pekerjaan.

Terlepas dari itu semua, kita sebagai warga memang patut peduli dengan lingkungan sekitar. Termasuk bereaksi dengan cepat membantu korban atau menghubungi aparat keamanan agak aksi kriminalitas ini tak semakin marak. *

Penulis: Hasyim Ashari
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved