Ini Kisah di Balik Jokowi-JK Salat Jumat di Monas Secara Spontan

Jusuf Kalla mengakui keikutsertaan Joko Widodo dan dirinya dalam Shalat Jumat tersebut berlangsung mendadak dan spontan.

Ini Kisah di Balik Jokowi-JK Salat Jumat di Monas Secara Spontan
Ihsanuddin
Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla berjalan dari Istana menuju Monas untuk shalat Jumat bersama pesertaksi damai, Jumat (2/12/2016). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - Tak diduga sebelumnya, di tengah hujan deras Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengikuti Shalat Jumat bersama ribuan orang yang mengikuti aksi damai 2 Desember (212) di lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Jumat (2/12/2016).

Jusuf Kalla mengakui keikutsertaan Joko Widodo dan dirinya dalam Shalat Jumat tersebut berlangsung mendadak dan spontan.

Semula Jusuf Kalla berencana menunaikan ibadah Shalat Jumat di masjid Baiturrahman, Kompleks Istana, bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebelum berangkat ke masjid, Jusuf Kalla sempat menyatakan tidak ikut Shalat Jumat di lapangan Monas.

"Sudah penuh," katanya. Namun tiba-tiba saja Jusuf Kalla dan Jokowi beranjak keluar dari Kompleks Istana untuk menuju lapangan Monas, padahal situasinya sedang hujan lebat.

Jusuf Kalla mengakui keputusan tersebut diambil secara spontan. Menurutnya tidak ada salahnya Presiden dan Wakil Presiden menemui peserta aksi damai tersebut.

Alhasil diputuskan keduanya berjalan kaki ke lapangan Monas untuk menunaikan ibadah Shalat Jumat.

"Memang spontan, tidak direncanakan. Kami yakin itu pertemuan damai dan diisi doa," ujarnya.

Presiden sebagai kepala negara, menurutnya, sah-sah saja mendengarkan aspirasi dari masyarakat yang meminta ketegasan pemerintah atas kasus penistaan agama yang melibatkan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Dan tentu semuanya disalurkan ke jalur hukum, itu saja," jelasnya.

Halaman
123
Editor: Galih Nofrio Nanda
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved