Mentoring Startup Hingga Siap Didanai

Startup kata Yovie perlu di bina lantaran untuk menuju proses startup hingga siap mendapatkan akses pendanaan tidak mudah.

Mentoring Startup Hingga Siap Didanai
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MASKARTINI
Penggerak Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Pontianak, Yopie Setiawan 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Penggerak Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Pontianak, Yopie Setiawan mengaku potensi startup di Kota Pontianak sangat luar biasa. Hanya saja permasalahan seperti infrastruktur dan jatuh bangunnya startup tidak bisa dihindari sehingga para pelaku startup memerlukan solusi untuk menyelesaikan masalah.

Yopie mengatakan karena latar belakang tersebut muncul gerakan yang diinisiasi oleh startup Kibar Kreasi dan didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Startup kata Yovie perlu di bina lantaran untuk menuju proses startup hingga siap mendapatkan akses pendanaan tidak mudah.

"Potensi Kota Pontianak sangat besar, makanya termasuk 10 kota Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Jatuh bangun startup ini juga yang menyebabkan sulitnya akses pendanaan. Sekitar 90 persen kebanyakan gagal. Makanya kita melakukan inisiasi program 1000 startup ini untuk membangun mental para startup hingga siap didanai,"ujar Yovie pada, Kamis (24/11/2016).

Kebanyakan startup khususnya di Kota Pontianak kata Yovie tidak siap disisi perencanaan bisnis. Founder startup cenderung hanya berpikir apa yang harus dilakukan saat ini tanpa membuat rencana bisnis kedepannya. Bahkan kata Yovie belum sampai kepada pemikiran bagaimana startup yang dijalankan menjadi besar, menghasilkan dan sehat.

Beberapa diantaranya meskipun bukan di Kota Pontianak startup yang sudah menang ditingkat nasional kata Yovie berhenti dan berpuas diri dan tidak memikirkan lebih jauh. "Makanya tugas kami mementor mereka agar siap dan mencapai tahap tersebut. Pada tahap ini pendanaan dari pemerintah akan keluar. Untuk Pontianak, Angkuts cukup disorot dan mempunyai konsep yang bagus tetapi mereka tidak mempunyai business plan," ujar Yovie.

Penulis: Maskartini
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved