Ria Norsan Gagas Sekolah Ramah Anak

"Sekolah ramah anak adalah satuan pendidikan yang mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi

Penulis: Dhita Mutiasari | Editor: Mirna Tribun
TRIBUNPONTIANAK/DHITA MUTIASARI
Suasana diskusi panel bertema Perlindungan profesi guru dan hak anak menuju Sekolah Ramah Anak yang digelar PGRI Mempawah dan KBPPPAPMPD Mempawah diikuti oleh puluhan perwakilan guru di Kabupaten Mempawah, di gedung PGRI Mempawah, Kamis (17/11). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Dhita Mutiasari

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Menyikapi segala permasalahan guru dan siswa yang marak belakangan di sejumlah daerah, Bupati Mempawah Ria Norsan berharap segera dapat mewujudkan sekolah-sekolah yang ramah anak di Kabupaten Mempawah.

Baca: Bupati Mempawah Prihatin Maraknya Kriminalisasi Guru Saat Ini

"Sekolah ramah anak adalah satuan pendidikan yang mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah lainnya," jelasnya.

Lantas sekolah ramah anak ini merupakan satu indikator Kabupaten atau kota layak anak sebagaimana diatur dalam peraturan menteri pemberdayaana perempuan dan perlindungan anak nomor 12 tahun 2011 tentang indikator Kabupaten atau kota layak anak.

Serta mendukung partisipasi anak terutama dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran dan mekanisme pengaduan.

Ia mengatakan terdapat beberapa prinsip yang menjadi dasar pengembangan sekolah ramah anak di antaranya meliputi beberapa hal mulai non diskriminasi yakni menjamin kesempatan setiap anak untuk menikmati hak anak untuk pendidikan tanpa diskriminasi atas gender, suku, bangsa, agama dan latar belakang orang tua.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved