Ledakan Bom di Gereja Samarinda

‎Kapolda Kalbar Perintahkan Jajaran Amankan Rumah Ibadah

Tadi pagi saat latihan menembak, saya sudah perintahkan kepada para Kapolres jajaran, untuk tindak lanjut pasca kejadian di Samarinda.

‎Kapolda Kalbar Perintahkan Jajaran Amankan Rumah Ibadah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/FILE
Kapolda Kalbar, Irjen Pol Musyafak. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hadi Sudirmansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pasca pelemparan bom molotov di Gereja Oikumene di Samarinda Kaltim, Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs Musyafak perintahkan para Kapolres dan seluruh jajaran Polda untuk ‎pantau dan perkuat pengamanan rumah ibadah dan pusat keramaian dalam menjaga kondusifitas.

"Tadi pagi saat latihan menembak, saya sudah perintahkan kepada para Kapolres jajaran, untuk tindak lanjut pasca kejadian di Samarinda," kata Kapolda Kalbar pada Minggu (13/11/2016).

Tak hanya itu, lanjutnya, jajaran kepolisian setingkat Polres juga diminta untuk berkoordinasi dengan Kodim setempat. "Karena kita selalu bersama dengan TNI dalam menjaga kondusifitas, saya sebelumnya juga sudah beberapa kali berkoordinasi dengan Pangdam," katanya.

Musyafak menuturkan dirinya sudah mengagendakan untuk melakukan pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Kalbar serta para Tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kalbar untuk membahas hal ini, agar semakin terciptanya Kalbar yang kondusif.

"Saat ini saya sudah minta ke jajaran saya untuk persiapkan agenda pertemuan tersebut, yang jelas Kapolda Kalbar, Pangdam XII Tanjungpura dan mungkin dari Pemerintah Prov Kalbar akan di hadiri langsung oleh Gubernur Kalbar atau Wagub Kalbar, tak hanya itu kita juga undang para tokoh agama dan masyarakat di Kalbar," katanya.

Dan tak hanya itu, ia juga menuturkan antisipasi agar tak terjadi kejadian seperti di Samarinda, ia telah memerintahkan kepada jajaran un‎tuk melakukan pengamanan ke rumah ibadah dan pusat keramaian.

"Kalau di Gereja, Polisi yang muslim melakukan pengamanan di luar, begitu sebaliknya kalau di Mesjin, Polisi yang non muslim berjaga di depan," katanya.

Lanjutnya, terkait pengamanan pasca kejadian Samarinda, Polda Kalbar tetap akan mengandeng TNI, karena selain Kapolda Kalbar telah berkoordinasi dengan Pangdam XII Tanjungpura, selain itu juga dalam melakukan pengamanan TNI-Polri selalu bersama untuk ciptakan kondusifitas.

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved