Tak Hanya Vespa, Ada Sejumlah Motor Klasik Lain di VSJK 2016

Beberapa kendaraan lain yang dapat disaksikan, di antaranya BMW R27, Triump, dan lainnya.

Tak Hanya Vespa, Ada Sejumlah Motor Klasik Lain di VSJK 2016
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/TITO RAMADHANI
Seorang anak berfoto dengan sepeda motor Jawa dan Triump di Vespa Satu Jiwa untuk Khatulistiwa (VSJK) 2016 yang digelar di Alilla Cafe, Jalan Sultan Abdurrahman, Pontianak, Minggu (30/10/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Selain dapat melihat dan berfoto bersama dengan puluhan vespa klasik. Pengunjung Vespa Satu Jiwa untuk Khatulistiwa (VSJK) 2016 dapat melihat sejumlah sepeda motor klasik lainnya di Alilla Cafe, Jalan Sultan Abdurrahman, Pontianak, Minggu (30/10/2016).

Beberapa kendaraan lain yang dapat disaksikan, di antaranya BMW R27, Triump, dan Jawa serta satu jenis vespa Super Sprint 90 yang hanya satu-satunya di Kalbar.

"Original SS, memang produk vespa untuk racing atau balapan pada zamannya. Super Sprint satu-satunya di Kalbar," ungkap Ramdhani, Ketua Panitia VSJK 2016 di sela-sela acara.

Lanjutnya, pengunjung juga dapat berfoto bersama di stan fotobooth yang telah disediakan, atau memilih sejumlah kaos bertema Vespa yang juga ada di jual di stan merchandise.

Sedikitnya ada 40 sepeda motor vespa klasik yang ikut dalam kontes VSJK 2016, dan semuanya ikut dalam tiga kategori yang dilombakan.

"Terdiri dari original paint, restorasi atau modifikasi, terus kategori dibawah tahun 70-an yang memang tingkat pemeliharaannya yang memang perlu ketelatenan, ada 3 kategori, jadi masing-masing juara 1 sampai 3," paparnya.

Kategoti Original Paint, menurutnya bagaimana kondisi sebuah sepeda motor Vespa yang memiliki warna dan pernak-pernik yang masih terjaga keasliannya.

"Masih betul-betul asli atau original, itu yang dinilai nanti," ujarnya.

Gelaran VSJK 2016 kali ini menurutnya lebih semarak jika dibandingkan dengan gelaran serupa pada tahun 2013. Ini lantaran warga masyarakat lebih antusias untuk mengunjungi even tersebut.

"Lebih rame, heboh. Kami berharap tahun depan lebih rame lagi dari sekarang. Karena para pemilik vespa ini mulai kembali bergairah, apalagi tadi terlihat berbelanja, jadi mudah-mudah tahun depan lebih rame yang berpartisipasi," terangnya.

Ditambahkannya, 40 peserta kontes bukan hanya berasal dari Kota Pontianak saja, namun dari berbagai daerah di Kalbar.

"Rata-rata dari masing-masing kabupaten ada perwakilannya, Mempawah, Singkawang, ada juga dari Sanggau, kalau Ketapang belum ada, tapi tadi ada warga Ketapang yang di sini juga ikut datang meramaikan," urainya.

Sekretaris Panitia VSJK 2016, Pepen Rizal Effendi menambahkan, menurut kisahnya Super Sprint 90 satu-satunya yang ada di Kalbar, dalam sejarahnya dibeli langsung di diler Vespa pada tahun 1970.

"Berdasarkan info yang saya dapat dari NV (diler Vespa) sendiri, Super Sprint itu masuk ke Kota Pontianak cuma dua, satu yang bisa kita lihat sekarang ini, dan yang satunya itu kondisinya sudah tidak utuh. SS ini termasuk benda yang langka, tidak hanya di Kalbar tapi di Indonesia, karena tidak diproduksi secara massal, jadi limited edition," sambungnya.

Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved