Dibutuhkan Sinergitas yang Baik

BAZNAS Provinsi dibentuk oleh Menteri Agama atas usul Gubernur setelah mendapat pertimbangan BAZNAS.

Dibutuhkan Sinergitas yang Baik
TRIBUNPONTIANAK/WAHIDIN

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK- BAZNAS Provinsi dibentuk oleh Menteri Agama atas usul Gubernur setelah mendapat pertimbangan BAZNAS.

BAZNAS Provinsi bertanggung jawab kepada BAZNAS dan pemerintah daerah provinsi.

"BAZNAS marupakan satu-satunya lembaga yang dapat dipercaya dan diandalkan. Setiap Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang ada di Kalimantan Barat seharusnya di bawah komando BAZNAS Provinsi Kalimantan Barat," kata Sekretaris Daerah Kalimantan Barat, M Zeet Hamdy Assovie saat menyampaikan sambutan pada acara Penyerahan Zakat dan Penyerahan Piagam Penghargaan di Aula Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Rabu (19/10/2016).

Ia juga menyampaikan bahwa di masyarakat juga ada lembaga-lembaga amil zakat yang menghimpun data di luar komando BAZNAS Provinsi Kalimantan Barat.

"Jika lembaga-lembaga tersebut dapat bersinergi dengan BAZNAS, maka pemerintah akan mudah mengontrolnya karena satu komando," tambahnya.

Pernyataan tersebut senada dengan yang disampaikan oleh Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalimantan Barat, Didik Imam Wahyudi.

"Jika semua Lembaga Amil Zakat (LAZ) di daerah dapat sehingga BAZNAS mempunyai data yang autentik mengenai berapa banyaknya muzaki dan mustahik yang ada di daerah," jelas Didik.

Terjadinya sinergitas yang baik antara BAZNAS dan LAZ yang ada di daerah juga dapat menghindari terjadinya tumpang tindih ketika pembagian zakat kepada mustahik.

"Saya berharap Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang ada di daerah baik yang sudah mempunyai izin atau belum segera untuk melapor sehingga akan diperoleh suatu data yang autentik," tambah Didik.

Selain itu, Didik juga mengimbau kepada masyarakat yang beragama Islam dan memiliki harta yang lebih sebaiknya membayar zakatnya.

Karena di dalam harta yang dimiliki ada hak milik orang-orang yang kurang mampu dan membutuhkan bantuan dari zakat yang diberikan.

Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved