Yonzipur Latih Bela Negara 244 Siswa Muhammadiyah 1 Pontianak

Agar di harapkan siswa- siswi mempunyai jiwa dan semangat serta meningkatkan etos kerja yang lebih baik lagi tentunya,

Yonzipur Latih Bela Negara 244 Siswa Muhammadiyah 1 Pontianak
ISTIMEWA
Yon zipur 6/SD bersama 244 Siswa Muhammadiyah 1 Pontianak menggelar pelatihan bela negara kepada selama 4 hari sejak Sabtu (22/10/2016) hingga Selasa (25/10/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Dhita Mutiasari

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Yon zipur 6/SD menggelar pelatihan bela negara kepada 244 Siswa Muhammadiyah 1 Pontianak selama 4 hari sejak Sabtu (22/10) hingga Selasa (25/10/2016).

Pelatihan dilaksanakan tersebut resmi di buka dan di tutup secara resmi oleh Danyon Zipur 6/SD Letkol Czi Chandra Adibrata.

Ia mengatakan tujuan dari kegiatan yang telah di jadwalkan selama 4 hari 3 malam tersebut memiliki tujuan meningkatkan mental ,fisik dan kedisipilinan melalui diklat pembinaan mental bagi siswa- siswi SMA 1 Muhammadiyah 1 Pontianak.

"Agar di harapkan siswa- siswi mempunyai jiwa dan semangat serta meningkatkan etos kerja yang lebih baik lagi tentunya," ujarnya saat menutup pelatihan dalam upacara yang di laksanakan di lapangan bola Wira pura Asrama yonzipur 6 Anjongan, Selasa (25/10).

Tak hanya itu, siswa diharapkannya memiliki mental kejuangan yang berwawasan nusantara dengan berjiwa Pancasila dan UUD 1945 serta kesetiaan kepada bangsa dan negara.

Selain itu, chandra menjelaskan bahwa Pendidikan dan Latihan pembinaan mental diikuti sebanyak 2 siswa-siswi SMA Muhammadiyah 1 Pontianak.

Untuk materi yang diberikan diantaranya tentang membentuk kedisipilinan di antaranya, sikap dan perilaku, PPM, PBB, Apel tepat waktu dan di berikan materi di antaranya doktrin Nasionalisme, pembekalan wawasan nusantara, ketahanan nasional, pengetahuan senjata dan di selingi permainan lain di antaranya jelajah medan, caraka malam,dan alaram steling. Siswa SMA Muhammdiyah sangat antusias dalam mengikutin kegiatan tersebut.

Bahkan mereka merasa ada perubahan di dalam diri mereka setelah mengikuti pelatihan diklat bela negara tersebut.
"Saya yang biasanya memiliki karekter manja di rumah disini saya merasa bisa mandiri disini,"ujar satu diantara siswa.

Dalam kesempatan ini dari pihak Kepala SMA Muhammadiyah I Pontianak, guru mengucapkan terimakasih yang sebanyaknya kepada semua yang telah terlibat dalam mensukseskan kegiatan bela negara tersebut.

"Baik bapak-bapak pelatih dari yonzipur 6 mapun seluruh dewan guru yang mendampingi murid-muridnya yang telah selama 3 hari ini medampingi dan memberikan pelatihan kepada murid-murid kami,"jelas Kepala SMA Mumahammadiyah, Deni Hamdani
Tak lupa juga apresiasi kepada Komandan batalyon zeni tempur 6/SD yang telah bersedia menerima murid-murid SMA Muhammadiyah I untuk melaksanakan kegiatan bela Negara di Satuan Ini.

"Kami selaku kepala sekolah Sma 1 muhamdiyah akan berkomitmen untuk selalu membentuk karekter jiwa ksatria harus di miliki siswa dan siswi kami,"jelasnya. Bahkan dikatakan usai dari pelatihan ini, rencanakan mereka akan menindaklanjuti pelaksanaan kegiatan serupa setiap tahunnya untuk melaksanakan pelatihan bela Negara di tempat serupa. 

Penulis: Dhita Mutiasari
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved