Breaking News:

Sungai Tercemar, 142 Warga Dusun Sajingan Kecil Terserang Penyakit Kulit

Kepala Desa Semanga Jube Herzami mengatakan pihaknya telah mengadukan hal tersebut kepada BLH Sambas dan Anggota DPRD Sambas untuk dilakukan...

TRIBUNPONTIANAK/HAMDAN DARSANI
MENGADU - Kades Semanga Jube Herzami menunjukkan foto anak-anak yang menderita gatal yang disebabkan tercemarnya sungai sajingan kecil saat mengadu kepada Komisi B DPRD Sambas. Senin (17/10/2016) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan Darsani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS – Diduga karena air sungai yang tercemar selama hampir dua pekan terakhir.

Baca: Dilaporkan Tercemar, BLH Akan Ambil Sampel Sungai Sajingan Kecil

142 Warga Dusun Sajingan Kecil, Desa Semanga mulai terserang gatal-gatal, Senin (17/10/2016).

Kepala Desa Semanga Jube Herzami mengatakan pihaknya telah mengadukan hal tersebut kepada BLH Sambas dan Anggota DPRD Sambas untuk dilakukan upaya tindak lanjut mengenai dugaan adanya aktivitas perusahan perkebunan sawit PT WHS di Kecamatan Sajingan Besar membuang limbahnya ke Sungai.

“Laporan yang kami terima sudah ada 142 orang yang terserang gatal-gatal karena air sungai yang tercemar,” ujarnya

Kata Jube, kebanyak yang terserang gatal-gatal merupakan anak-anak. Kemungkinan disebabkan kulit anak-anak yang masih cendrung sensitif terhadap unsur kimia yang berada tercemar didalam air.

Dirinya juga meminta kepada perusahaan agar dapat bertanggung jawab terhadap pengobatan masyarakat yang menderita gatal-gatal bahkan ada warga yang harus mendapatkan perawat di pos pelayanan kesehatan di desa.

“Keluhan masyarat yang terkena gatal-gatal ditandai bentol-bentol di wilayah kulit tertentu, permukaan kulit memerah bahkan ada yang menjadi koreng,” ujarnya.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved