Benda-benda Misterius dari Sumenep Diserahkan ke Lapan

Barang-barang tak dikenal itu diduga benda antariksa dan lebih baik diteliti langsung oleh Lapan

Benda-benda Misterius dari Sumenep Diserahkan ke Lapan
handout
Benda misterius jatuh dari langit di Pulau Giki Genting, Desa Lombang, Kecamatan Gili Genting, Kabupaten Sumenep, Senin (26/9/2016). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SUMENEP — Kepolisian Resor Sumenep, Jawa Timur, akan menyerahkan benda-benda misterius yang jatuh dari langit kepada Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

"Barang-barang tak dikenal itu diduga benda antariksa dan lebih baik diteliti langsung oleh Lapan," ujar Kapolres Sumenep AKBP Joseph Ananta Pinora di Sumenep, Rabu (28/9/2016).

Pada Senin, warga menemukan sejumlah benda misterius yang jatuh di beberapa lokasi di Pulau Giliraja dan Perairan Giligenting.

Barang-barang misterius itu berupa tiga benda menyerupai drum dengan lilitan berbahan mirip fiber berwarna hitam. Satu lagi, benda menyerupai radiator dan serpihannya dalam kondisi seperti hangus terbakar.

Tim dari Lapan yang terdiri atas lima orang telah tiba di Sumenep pada Selasa malam dan langsung berkoordinasi dengan polisi untuk meneliti benda-benda misterius tersebut.

"Kami sudah bertemu dan membahas benda-benda tak dikenal itu dengan tim dari Lapan. Kesimpulan sementara, barang-barang misterius tersebut diduga bagian dari roket pendorong satelit," kata Pinora.

Namun, untuk memastikan, Lapan akan meneliti lebih lanjut benda-benda misterius yang di salah satu bagiannya terdapat nomor seri berupa huruf dan angka.

"Dalam konteks itu, kami menilai barang-barang tak dikenal tersebut lebih baik diserahkan ke Lapan untuk diteliti lebih lanjut," ujarnya.

Selain berkoordinasi dengan polisi, tim dari Lapan juga ke Pulau Giliraja untuk mengetahui sekaligus mengecek langsung posisi atau tempat yang menjadi lokasi jatuhnya masing-masing benda misterius tersebut.

Kasus jatuhnya benda-benda misterius dari udara tersebut tidak sampai memakan korban jiwa dan hanya merusak kandang sapi milik warga Pulau Giliraja.

Sebelumnya, warga Pulau Giliraja yang menemukan benda-benda tak dikenal itu menduga barang tersebut adalah bom atau bagian dari badan pesawat.

Editor: Arief
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved