BPJS Target Rampungkan KIS Desember

Disinggung mengenai capaian tahap pertama pihaknya belum dapat menujukan rincian data tersebut.

BPJS Target Rampungkan KIS Desember
TRIBUNNEWS.COM
Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Keluarga Sejahtera 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MELAWI -  Kepala kantor Pelayanam BPJS Melawi, Vita mengungkapkan total penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Kabupaten Melawi mencapai 63 550 jiwa. Pihaknya menargetkan penyaluran dapat tuntas pada Desember 2016 mendatang.

"Ya jumlah itu termasuk yang sudah disalurkan oleh kantor Post," ungkapnya kepada Tribun, Jumat (23/9/2016).

Dikatakanya pendistribusian KIS dilakukan dua tahap. Tahap pertama sudah dilakukan pada awal tahun. Sementara tahap kedua masih dalam proses .

Disinggung mengenai capaian tahap pertama pihaknya belum dapat menujukan rincian data tersebut. "Yang jelas Desember target tuntas,"ujarnya.

Dijelaskanya terkait kendala dilapangan selain jarak tempuh , pihak BPJS juga telah menyerahkan pendistribusian KIS ini kepada pihak ketiga yakni Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). "Jadi TKSK yang langsung mendistribusikan kepada penerima,"ungkapnya.

Vita menjelaskan untuk validasi data dilapangan, khusus bagi penerima KIS yang telah meninggal dunia dapat segera melaporkan ke BPJS. Datanya akan di verifikasi kemvali dan disampaikan ke pusat untuk dinonaktifkan. "Ini juga menjadi data penting bagi pusat,"ungkapnya.

Dijelaskanya pula bahwa anggaran KIS sendiri selain ditanggung APBN ada pula yang ditanggung Pemda atau APBD.

Bila data penerima KIS APBN dari pusat, sementara untuk anggaran yang bersumber dari APBD data penerimanya dari Dinsosnakertrans. "Dinsos menperoleh data dari Kades," ungkapnya.

Dia menjelaskan tahun ini KIS yang bersumber dari APBD tersebut tercatat sebanyak 8 912 jiwa. Ini nerupakan program kerja sama BPJS dan Penda melalui Dinas terkait.

Sementara itu warga berharap penyaluran program bagi warga miskin dapat kebih tepatbsasarn. Kemudian sosialisasi dapat ditingkatkan, pasalnya banyak warga yang belum memahami program ini, bahkan penyaluranya pun hingga saa ini masih banyak aparatur desa yang tak mengetahuinya. Misalnya berkaitan KIS,KIP dan KKS.

"Kalau menyangkut pendataan kita harap apaun programnya kita ditingkat RT ini dapat dilibatkan," ujar Ketua RY 03 Dusun Bari Desa Baru Ahek Effendi.

Penulis: Zulkifli
Editor: Arief
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved