IHSG Ditutup Dilevel 5265

Membaiknya aktifitas eksport di level -0,74% dari -17,02% diperiode sebelumnya menjadi salah satu faktor utama optimisme pasar.

IHSG Ditutup Dilevel 5265
TRIBUNPONTIANAK/MASKARTINI
Branch Manager PT Reliance Securities, Riza Juliandri. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Maskartini 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka optimis rebound hingga ditutup +119.78 poin sebesar +2,33% dilevel 5265 dengan volume cukup tinggi.

Branch Manager PT Reliance Securities, Riza Juliandri mengatakan membaiknya aktifitas eksport di level -0,74% dari -17,02% diperiode sebelumnya menjadi salah satu faktor utama optimisme pasar.

Meskipun investor asing melanjutkan aksi jual dengan tercatat net sell sebesar Rp 527.82 miliar pada perdagangan hari ini.

Sektor aneka industri yang sebelumnya menjadi penekan IHSG pada hari ini berbalik menjadi pendorong penguatan setelah pelonjakan penjualan mobil bulan Agustus naik 53,8% memicu penguatan saham ASII.

Mayoritas bursa di Asia bergerak mixed disaat investor telah menilai tekanan jual sudah cukup over serta aksi tunggu pertemuan bank sentral pekan depan di AS dan Jepang.

Data capital flow di Jepang kembali terpuruk dimana terjadi capital out flow pada ekuitas sebesar ¥ 479.0B dan Spekulasi BOJ yang akan memotong suku bunga pada beberapa cadangan bank di level -0,2% membuat nilai tukar Yen menguat.

Bursa Eropa dibuka menguat seiring penilaian investor terhadap phase oversold pada pergerakan saham Eropa belakangan ini. Data neraca perdagangan rilis diatas ekspektasi meskipun lebih rendah dari periode sebelumnya.

Investor pun sedang menanti indikasi-indikasi data ekonomi AS malam ini guna menilai probabilitas kenaikan suku bunga di bulan September. Data sentimen diakhir pekan akan ramai oleh data tingkat inflasi di AS yang diperkirakan membaik.

Secara teknikal IHSG berhasil rebound menutup gap yang terbentuk sebelumnya.

IHSG mencoba kembali diatas MA50 sebagai confirmasi pembalikan arah trend di atas level 5300. Indikator stochastic yang telah menyentuh area oversold berubah signifikan dengan signal golden-cross seiring momentum RSI yang terlihat reversal meskipun masih berada pada trend bearish momentum.

"Sehingga diperkirakan IHSG akan kembali mencoba menguat diakhir pekan hingga menguji level MA50 dengan range pergerakan 5210-5320,"ujarnya.

Penulis: Maskartini
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved